Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Efek Samping Vaksin AstraZeneca yang Paling Banyak Dilaporkan

Regulator Obat Inggris MHRA kemudian mengumpulkan data dan memantau informasi tentang masalah keamanan seperti dugaan efek samping atau insiden yang merugikan yang melibatkan vaksin dan perangkat medis.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  12:21 WIB
Vaksin Covid-19 AstraZeneca.  - Bloomberg
Vaksin Covid-19 AstraZeneca. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah negara menunda hingga menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca. Hal ini karena dilaporkannya sejumlah efek samping pasca menerima suntikan vaksin asal Inggris itu.

Regulator Obat Inggris MHRA kemudian mengumpulkan data dan memantau informasi tentang masalah keamanan seperti dugaan efek samping atau insiden yang merugikan yang melibatkan vaksin dan perangkat medis.

Dari laporan penerima vaksin, petugas medis, hingga orang tua penerima vaksin, reaksi merugikan yang didapati antara lain bengkak dan nyeri di bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, mialgia (nyeri otot), rasa tidak enak, pyrexia (demam), panas dingin, arthralgia (nyeri sendi), serta mual.

Mayoritas reaksi efek samping terbilang ringan hingga sedang dan biasanya pulih dalam beberapa hari setelah vaksinasi. Efek samping yang dilaporkan setelah dosis kedua lebih ringan dan dilaporkan lebih jarang dari dosis pertama.

Efek samping umumnya lebih ringan dan dilaporkan lebih jarang pada lansia usia 65 tahun ke atas daripada pada orang yang lebih muda.

Penting untuk dicatat bahwa jenis reaksi ini mencerminkan respons imun normal yang dipicu oleh tubuh ke vaksin. "Mereka biasanya terlihat dengan sebagian besar jenis vaksin dan cenderung sembuh dalam satu atau dua hari," jelas keterangan dari Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), seperti dikutip dari Express, Senin (29/3/20210.

Penting juga untuk dicatat bahwa vaksin coronavirus yang disetujui harus melalui semua uji klinis dan pemeriksaan keamanan semua obat berlisensi lainnya. MHRA dalam hal ini mengikuti standar keamanan internasional.

"Sejauh ini, jutaan orang telah diberi vaksin Covid-19 dan laporan efek samping serius, seperti reaksi alergi, sangat jarang. Tidak ada komplikasi jangka panjang yang dilaporkan,” lapor NHS.

Ada laporan di beberapa negara dari sejumlah kecil orang yang memiliki gumpalan darah setelah menerima vaksin Oxford / AstraZeneca. MHRA mengatakan bukti saat ini gumpalan darah tidak disebabkan oleh vaksin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top