Bersepeda.  Aktivitas bersepeda menjadi kegemaran banyak orang karena disamping dapat mengurangi risiko penyakit jantung. /ANTARA
Health

Begini Cara Tepat Bersepeda untuk Kesehatan Jantung

Fatkhul Maskur
Selasa, 6 April 2021 - 11:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada berbagai macam jenis olahraga, salah satunya bersepeda yang belakangan ini marak di masyarakat. Selain menyenangkan, bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagi jantung.

Dalam rangka memperingati World Health Day yang jatuh setiap 7 April, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki), Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) meluncurkan buku saku Cara Tepat Bersepeda untuk Kesehatan Jantung, yang berisikan tentang tips bersepeda untuk kesehatan jantung.

Ketua Perki Isman Firdaus mengatakan kesehatan adalah investasi dan aset penting yang harus dijaga. Salah satu penyebab serangan penyakit kardiovaskular dan stroke adalah kurangnya olahraga.

"Agar kesehatan jantung tetap terjaga, lakukan olahraga praktis, seperti bersepeda, ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (6/4/2021).

Ia menyarankan agar berolahraga setiap hari dalam sepekan. Jika tidak sempat, lakukan olahraga dengan intensitas sedang sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 30 menit

Alternatif lain adalah olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit sampai 1 jam sebanyak 3 kali dalam seminggu. "Bersepeda dengan rutin akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen," tambah Isman.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Esti Nurjadin mengatakan meningkatnya penderita penyakit jantung di Indonesia tidak terlepas dari perubahan gaya hidup masyarakat.

"Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang membuat segalanya serba mudah lalu membuat kita minim dalam bergerak dan kurang berolahraga,” ujarnya.

Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari berpendapat berolahraga akan mendorong orang untuk hidup lebih sehat. Selain itu, melalui olahraga masyarakat juga akan memiliki karakter dan integritas yang kuat serta menjunjung tinggi sportivitas.

“Olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari dan tidak perlu yang sulit cukup bersepeda misalnya. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang mudah dan murah”, ujarnya.

World Health Day itu dekat dengan International Day of Sport for Development and Peace yang jatuh pada 6 April tiap tahunnya. Tentunya antara olahraga dan kesehatan sangat erat hubungannya karena salah satu cara kita untuk hidup sehat adalah dengan berolahraga.

"Tahun ini, kita masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Sejumlah fasilitas olahraga juga belum sepenuhnya beroperasi dengan normal, jadi bersepeda masih menjadi salah satu alternatif olahraga yang paling aman saat ini,” lanjutnya.

Bersepeda termasuk salah satu olahraga yang risiko cideranya sangat minim. Aktivitas bersepeda menjadi kegemaran banyak orang karena disamping dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bersepeda juga dianggap sebagai kegiatan yang menyenangkan. Tubuh akan lebih sehat jika kegiatan bersepeda dilakukan secara teratur.

Lewat buku saku Cara Tepat Bersepeda untuk Kesehatan Jantung, masyarakat diajak untuk mempersiapkan kondisi tubuh untuk mencegah terjadinya cedera.

Dalam buku saku tersebut dijelaskan tentang tips jantung sehat bagi para pesepeda, skrining awal saat bersepeda, sampai bagaimana bersepeda agar tidak berisiko terjadi serangan jantung.

“Adanya buku saku yang membahas mengenai kegiatan bersepeda dan kesehatan jantung ini diharapkan dapat dijadikan panduan dasar kepada masyarakat untuk berolahraga khususnya bersepeda dengan teratur demi kesehatan khususnya kesehatan jantung mereka,” kata Esti.

Penyakit jantung masih merupakan ancaman dunia nomor satu. Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan bahwa setidaknya 15 dari 1.000 orang individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro