Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lansia 103 Tahun Disuntik Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson

Pemerintah gencar mengajak lansia untuk melakukan vaksin virus corona, untuk mencegah kematian akibat infeksi Covid-19.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 April 2021  |  15:06 WIB
Seorang lansia berusia 103 tahun mendapatkan vaksin virus corona Johnson & Johnson. - CBS4Local
Seorang lansia berusia 103 tahun mendapatkan vaksin virus corona Johnson & Johnson. - CBS4Local

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang lansia perempuan di El Paso yang  berusia 103 tahun menerima vaksin virus corona Johnson & Johnson.

Penyuntikan vaksin virus corona kepada kelompok lansia merupakan program prioritas pemerintah untuk mengurangi tingkat keparahan akibat infeksi Covid-19. Vaksin ini juga bisa mengurangi tingkat kematian akibat pandemi.

“Lansia berusia 103 tahun menerima vaksin Covid-19 pada Selasa (6/4/2021) pagi. Dia menerima vaksin Johnson & Johnson. Wanita 103 tahun itu mendapatkan vaksin dari Life Ambulance di  El Paso,” seperti dikutip dari CBS4Local, Rabu (7/4/2021).

Kini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI kian gencar mendorong vaksinasi terhadap lansia, yakni dengan membuka seluruh sentra vaksinasi tanpa perlu menunjukkan KTP setempat atau keterangan domisili yang sama dengan sentra vaksinasi. 

vaksin lansia, vaksin virus corona lansia

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa saat ini seluruh fasilitas layanan kesehatan dan sentra vaksinasi sudah bisa menerima lansia dengan KTP dari mana pun dan tanpa perlu menunjukkan keterangan domisili.

“Jadi walaupun bukan KTP DKI Jakarta, atau tidak tinggal di Jakarta lansia yang sedang berada di Jakarta bisa tetap dapat vaksin. Namun, tetap harus mendaftar terlebih dahulu. Jangan termakan hoaks bahwa vaksinasi lansia bisa langsung datang atau go show,” tegas Nadia pada Dialog KPCPEN, Selasa (6/4/2021).

Selain itu, Nadia juga menambahkan bahwa tempat penyuntikkan vaksin dosis pertama dan kedua harus sama. Ini karena banyak lansia yang protes tak bisa vaksinasi kedua di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

“Karena datanya sudah terkumpul di pusat, lokasi vaksinasi akan menyediakan dosis vaksin kedua sesuai data pada vaksin pertama,” jelasnya.

Pendaftaran vaksinasi lansia diharapkan untuk mencegah terjadinya kerumunan, sehingga lansia yang akan divaksin tidak ragu dan yakin lokasinya aman dari penularan Covid-19. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia Vaksin Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top