Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Penyakit dalam Tubuh Lewat Kuku, Bisa Deteksi Kemungkinan Kanker Juga

Lantas, bagaimana bentuk kuku bisa menunjukkan penyakit dalam tubuh Anda? Berikut beberapa jenis kuku yang dikaitkan dengan penyakit
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 April 2021  |  12:54 WIB
Penampakan kuku kuning - istimewa
Penampakan kuku kuning - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala berbagai penyakit bisa ditunjukkan oleh tubuh seseorang, termasuk lewat kukunya.

Kuku yang sehat adalah yang bersih, rapi, dan tidak terdapat kelainan, baik dari warna dan bentuknya.

Lantas, bagaimana bentuk kuku bisa menunjukkan penyakit dalam tubuh Anda? Berikut beberapa jenis kuku yang dikaitkan dengan penyakit, seperti dilansir dari Webmd:

1. Kuku pucat

Kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti:

Anemia
Gagal jantung kongestif
Penyakit hati
Malnutrisi

2. Kuku Putih

Jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan pinggiran yang lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Anda bisa melihat jari-jari juga sakit kuning, tanda lain dari gangguan hati.

3. Kuku Kuning

Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Saat infeksinya memburuk, bantalan kuku bisa menarik kembali, dan kuku bisa menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis.

4. Kuku Kebiruan

Kuku dengan warna kebiruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan masalah paru-paru, seperti emfisema. Beberapa masalah jantung bisa dikaitkan dengan kuku kebiruan.

5. Kuku Bergelombang

Jika permukaan kuku beriak atau berlubang, ini mungkin merupakan tanda awal psoriasis atau radang sendi. Perubahan warna kuku biasa terjadi; kulit di bawah kuku bisa tampak coklat kemerahan.

6. Kuku Retak atau Terbelah

Kuku kering dan rapuh yang sering retak atau pecah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Pecah atau pecah yang dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin disebabkan oleh infeksi jamur.

7. Lipatan Kuku Bengkak

Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai radang lipatan kuku. Ini mungkin akibat lupus atau kelainan jaringan ikat lainnya. Infeksi juga bisa menyebabkan kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku.

8. Garis Gelap di Bawah Kuku

Garis-garis gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Kadang kala disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

9. Kuku digerogoti

Menggigit kuku mungkin tidak lebih dari kebiasaan lama, tetapi dalam beberapa kasus, ini adalah tanda kecemasan yang terus-menerus yang dapat memperoleh manfaat dari pengobatan. Menggigit atau mencabut kuku juga dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit gigit kuku
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top