Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi 10 Film Bertema Islam, Pas Ditonton Saat Puasa Ramadan

Berikut 10 film bertema Islami yang dikumpulkan Bisnis.com untuk bisa mengisi waktu luang sekaligus menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 09 April 2021  |  16:11 WIB
Sang Kiai, Film Terbaik FFI 2013  -  Istimewa
Sang Kiai, Film Terbaik FFI 2013 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadan 2021 tinggal menghitung hari. Tahun ini, umat Islam di dunia kembali menjalani masa-masa puasa Ramadhan di tengah pandemi akibat wabah Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, sebaiknya kita selalu senantiasa untuk tetap beribadah kepada Allah SWT. Namun, kita juga diperbolehkan untuk melakukan aktivitas lain selama puasa Ramadan.

Anda tetap bekerja dari rumah atau work from home selama puasa tahun ini? Berikut 10 film bertema Islami yang dikumpulkan Bisnis.com untuk bisa mengisi waktu luang sekaligus menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadan.

1. 99 Cahaya di Langit Eropa
Film yang diadaptasi dari novel karya Hanum Salsabiela Rai dan Rangga Almahendra dengan judul yang sama. Menceritakan mengenai Islam dengan cara yang baik tanpa kekerasan dan juga diselingi dengan keadaan sosial serta budaya sekitar. Kamu juga dapat mengetahui sejarah Islam di Eropa.

2. Sang Kiai
Menceritakan mengenai sosok K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu. Tidak hanya menambah ilmu mengenai Islam, kamu juga akan mengetahui sejarah dan perjuangan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

3. Assalamualaikum Beijing
Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia ini menceritakan perjuangan cinta segitiga antara Asma, Dewa, dan Anita. Asma yang diperankan oleh Revalina S. Temat melakukan perjalanan ke Beijing dan bertemu dengan Zhongwen yang diperankan Morgan Oey. Perjuangan Asma dalam melupakan Dewa yang sudah mengkhianatinya tidak berjalan dengan mulus.

4. Mencari Hilal
Dalam film Hilal, kamu akan menemukan makna Islam lebih dalam dengan bentuk dialog yang padat. Mulai dari masalah tradisi, pola pikir, hingga agama yang erat dengan kehidupan sosial akan turut mengubah perpektif penonton terhadap Islam.

5. Sang Pencerah
Masih dengan tema perjuangan Islam, film ini sarat akan pelajaran hidup yang menceritakan tentang kehidupan salah seorang tokoh islam Indonesia, K.H. Ahmad Dahlan. Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini mengisahkan bagaimana perjuangan keras Ahmad Dahlan yang hidup menjadi tokoh penting di tengah masyarakat.

6. Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea
Film yang diangkat dari novel semi biografi ciptaan Asma Nadia, film ini menceritakan tentang Rania Samudra yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari sebagai penulis yang gemar traveling dan bertemu dengan seorang fotografer Korea yang diperankan oleh Morgan Oey. Kisah cinta dengan unsur Islam dalam film ini begitu penuh dengan makna.

7. Tiga Hati, Dua Dunia, Satu Cinta
Film yang dirilis tahun 2010 ini memotret banyak hal dari kehidupan sehari-hari, mulai dari hubungan sosial, asmara, hingga persoalan agama. Dibintangi aktor-aktor populer Indonesia, seperti Reza Rahadian, Laura Basuki, serta Arumi Bachsin, film ini mampu memberikan sudut pandang lain terhadap problematika percintaan dan perilaku beragama.

8. Ajari Aku Islam
Ajari Aku Islam merupakan film yang dibintangi pasangan Roger Danuarta dan Cut Meyriska. Sama seperti kisah nyata mereka, film Ajari Aku Islam juga menceritakan perjalanan Roger mengenal Islam hingga akhirnya menikahi Chika.

9. My Name is Khan
Tidak hanya film Indonesia, ada juga film Bollywood yang berbau Islami. Meski sudah lama rilis, film My Name is Khan yang mengangkat kisah teroris ini wajib banget ditonton dan tak pernah membosankan. Banyaknya nilai tersirat mengenai muslim akan membuat kita peka akan banyak hal yang tidak kita sadari.

10. The Kite Runner
Film The Kite Runner ini juga disutradarai oleh Marc Forster yang mengisahkan seorang remaja bernama Amir asal Afghanistan. Keadaan yang kompleks karena terpecahnya bangsa Afghanistan membuat Amir harus berimigrasi ke berbagai negara. Tentu kehidupan seperti itu tidaklah mudah dan banyak pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan Amir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film film indonesia Puasa
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top