Kurma memiliki manfaat saat menjalankan puasa. Pedagang menata kurma dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

10 Manfaat Makan Kurma Saat Buka Puasa

Hanafi Nurmahdi
Senin, 12 April 2021 - 13:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rasulullah berpesan kepada umat Islam agar berpuasa dengan sederhana, yang dicontohkan dengan tiga butir kurma dan meminum segelas air putih.

Kurma menjadi makanan khas Ramadan dan menjadi menu wajib setiap hendak berbuka puasa. Kurma memiliki manfaat menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan. Namun sebenarnya, masih ada lagi beberapa manfaat yang didapat dari buah kurma. Berikut manfaat yang bisa kita rasakan dari buah kurma:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara. Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gr dalam porsi 3,5 ons. Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

manfaat kurma saat berpuasa
manfaat kurma saat berpuasa

4. Melancarkan Proses Persalinan Normal

Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Makan kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, bisa membantu melancarkan persalinan normal. Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi.

5. Menstabilkan Gula Darah

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Tidak cuma sebagai pemanis, kurma kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan. Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

6. Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat dimakan langsung ataupun dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, hingga ke dalam adonan biskuit sebagai makanan pokok untuk diet.

7. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

8. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Buah yang satu ini kaya akan polifenol ketimbang buah lain.

9. Meningkatkan Kesuburan

Berkat kandungan asam amino dan seng, kurma bisa meningkatkan kesuburan pada pasangan suami istri. Di Timur Tengah, serbuk sari kurma dijadikan obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan. Biji dan serbuk sari kurma memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

10. Mencegah Anemia

Dengan makan kurma setiap hari, mencegah kelelahan dan pucat karena anemia. Kandungan zat besi pada kurma akan meningkatkan produksi sel darah merah.

Kurma diketahui memiliki dua jenis olahan yaitu segar dan kering. Anda dapat membedakannya dengan melihat kulitnya. Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut kering sedangkan, kulit kurma yang masih halus, berarti itu adalah kurma segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro