Rambut rontok. Selain menggunakan bawang putih, ada cara lain untuk mengatasi rambut rontok. /huffingtonpost
Health

Bawang Putih, Solusi Atasi Kerontokan Rambut Akibat Penyakit Autoimun

Desyinta Nuraini
Selasa, 13 April 2021 - 12:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bawang putih sejak dulu diyakini memiliki manfaat kesehatan. Baru-baru ini, para peneliti di Inggris menemukan peran ekstrak bawang putih yang efisien dalam mengobati alopecia areata.

Alopecia areata adalah kebotakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Pada alopecia areata, sistem imun menyerang dan merusak folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan dan kebotakan. Kulit kepala botak dengan bentuk pitak adalah salah satu tanda dari kondisi ini.

Para peneliti menyebut komposisi kimiawi bawang putih yang unik terbukti memiliki banyak efek farmakologis. Oleh karena itu, mereka menguji manfaat bawang putih kepada 10 orang pasien yang mengeluhkan alopecia areata.

Dalam penelitian yang berlangsung selama satu tahun, para pasien diobati dengan ekstrak bawang putih topikal dua kali sehari, selama dua bulan. Pertumbuhan kembali rambut terminal dievaluasi oleh para peneliti setiap dua pekan.

Rambut terminal adalah rambut tebal dan lebat yang dapat ditemukan di kulit kepala, wajah, ketiak, dan area kemaluan.

Pada akhir penelitian, semua pasien merespon dengan baik (dengan derajat yang berbeda-beda) terhadap pengobatan. Pertumbuhan rambut dimulai pada akhir minggu kedua dalam delapan tambalan di area kulit kepala yang botak, kemudian empat minggu dalam tujuh tambalan, dan enam pekan dalam tiga tambalan.

Menjadi catatan peneliti mereka menemukan efek eritema atau sejenis ruam kulit yang diamati pada semua pasien, selain gatal di delapan area kepala yang pitak dan sensasi terbakar di lima bercak.

Meskipun demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa bawang putih adalah pengobatan topikal yang efisien dan cepat untuk alopecia areata. "Itu murah, tersedia dan dengan efek samping yang dapat diabaikan," ujar peneliti dilansir dari Express UK, Selasa (13/4/2021)

Selain menggunakan bawang putih, ada cara lain untuk mengatasi rambut rontok. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), finasteride dan minoxidil adalah perawatan utama untuk pola kebotakan pria.

Kebotakan pada pria merupakan salah satu jenis kerontokan rambut permanen yang biasanya terjadi dalam keluarga. "Minoksidil juga dapat digunakan untuk mengobati pola kebotakan wanita. Wanita sebaiknya tidak menggunakan finasteride," NHS memperingatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro