Air kelapa/mercola
Health

5 Manfaat Air Kelapa, bisa Untuk Kesehatan Jantung Juga

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 April 2021 - 11:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air kelapa adalah salah satu minuman terbaik untuk melawan panasnya musim panas karena memberi Anda energi instan dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Minuman ini bagus untuk mengatur berat badan, karena rendah kalori dan tidak memiliki tambahan gula seperti nimbu pani atau shikanji tradisional.

Air kelapa memiliki enzim dan mineral alami seperti kalium yang menjadikannya minuman yang sangat sehat.

Berikut 5 alasan mengapa Anda harus mengonsumsi air kelapa dan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya dilansir dari Times of India :

1. Kaya nutrisi

Sari buah kelapa adalah bagian tengah dari kelapa hijau muda. Kelapa mengandung 94 persen air dan sangat sedikit lemak. 250 ml air kelapa mengandung 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 10 persen RDI vitamin C, 15 persen RDI magnesium, 17 persen RDI Mangan, 17 persen RDI Kalium, 11 persen RDI natrium dan 6 persen kalsium RDI.

2. Mengandung antioksidan

Ketika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh Anda, tingkat stres oksidatif meningkat, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengubah radikal bebas sehingga tidak berbahaya lagi.

Studi lain menemukan bahwa tikus yang mengalami kerusakan hati menunjukkan peningkatan stres oksidatif saat diberi air kelapa dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat pengobatan sama sekali.

Tidak hanya itu, konsumsi air kelapa juga menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin pada tikus yang diobati dengannya.

3. Mungkin bermanfaat melawan diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang mengindikasikan kontrol gula darah jangka panjang yang baik.

Penelitian lain menemukan bahwa memberikan air kelapa kepada tikus dengan diabetes meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi stres oksidatif.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

Air kelapa merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

4. Membantu mencegah batu ginjal

Minum cukup cairan membantu dalam pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, tetapi penelitian menunjukkan bahwa tempat minum air kelapa lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin. Ini bisa membentuk batu. Namun, beberapa orang lebih rentan mengembangkan batu daripada yang lain.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang memiliki batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga membantu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk menghilangkan efek air kelapa pada batu ginjal.

5. Dapat menunjang kesehatan jantung

Minum air kelapa bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

Padahal manusia mungkin perlu mengonsumsi banyak air kelapa untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi air kelapa

Tidak seperti banyak minuman lainnya, tidak ada waktu terbaik untuk menikmati air kelapa. Anda dapat menikmatinya kapan saja, siang atau bahkan malam hari.

Meminumnya di pagi hari adalah pilihan yang baik karena air kelapa memiliki asam laurat, yang meningkatkan kekebalan dan membantu memulai metabolisme Anda dan mendorong penurunan berat badan.

Wanita hamil disarankan minum air kelapa untuk melawan dehidrasi dan sembelit. Ini juga membantu dalam meredakan mual di pagi hari, mulas, yang umum terjadi selama kehamilan.

Anda juga dapat meminum air kelapa sebelum dan sesudah latihan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sebelum tidur atau untuk menyembuhkan mabuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro