Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyebab Karang Gigi dan Cara Mencegahnya

Beberapa masalah yang dapat timbul akibat karang gigi antara lain radang gusi, gigi rusak, atau bahkan gigi tanggal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 April 2021  |  08:30 WIB
Dokter Gigi - ilustrasi
Dokter Gigi - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Karang gigi atau kalkulus seringkali tidak menimbulkan gejala atau keluhan secara fisik, tetapi jika tidak dibersihkan dan ditangani akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan gigi dan gusi.

Beberapa masalah yang dapat timbul akibat karang gigi antara lain radang gusi, gigi rusak, atau bahkan gigi tanggal. Oleh karena itu perlu diketahui apa penyebab karang gigi dan bagaimana upaya pencegahannya.

Berikut penyebab terjadinya karang gigi:

1. Kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga, misalnya jarang menyikat gigi atau tidak membersihkan gigi dengan benang gigi.

2. Kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula, seperti permen, susu, minuman kemasan, dan kue.

3. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Mulut kering, misalnya akibat efek samping obat-obatan, penyakit autoimun, atau gangguan tiroid

Berikut upaya mencegah terjadinya karang gigi:

1. Rutin sikat gigi

Sikatlah gigi secara teratur sebanyak 2 kali sehari selama 2 menit, dengan cara menyikat gigi yang benar. Pastikan permukaan belakang gigi dan geraham Anda terjangkau saat menyikat gigi.

Saat menyikat gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sikat gigi dengan bulu sikat lembut. Usahakan untuk menjangkau semua area di sela-sela gigi dan mulut.

2. Gunakan benang gigi dan obat kumur

Bersihkan juga gigi dengan benang gigi setidaknya 1 kali sehari setelah menyikat gigi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan plak dan sisa makanan di sela gigi yang mungkin masih tertinggal karena sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Setelah itu, berkumurlah dengan obat kumur untuk membersihkan gigi dan mulut, serta membasmi bakteri penyebab munculnya plak dan karang gigi. Agar tidak menimbulkan iritasi di gusi dan mulut, Anda dapat menggunakan obat kumur yang bebas alkohol atau yang mengandung minyak esensial.

3. Kurangi konsumsi gula

Telah disinggung sebelumnya bahwa bakteri penyebab plak berkembang karena konsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula. Untuk mengendalikan penumpukan plak, batasilah konsumsi makanan manis dan perbanyaklah konsumsi makanan bergizi seimbang.

4. Minum air putih yang cukup

Anda dianjurkan untuk minum 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap harinya. Air putih berfungsi mengangkat bakteri dan kotoran di mulut yang dapat memicu terjadinya penumpukan plak penyebab karang gigi. Selain itu, minum cukup air setiap harinya juga menghindarkan Anda dari mulut kering yang dapat merusak gigi.

5. Hindari merokok dan minuman beralkohol

Sebisa mungkin jauhilah rokok dan minuman beralkohol. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan gigi dan mulut, termasuk pembentukan karang gigi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi tips sehat kesehatan gigi

Sumber : Tempo.co

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top