Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kanan) menerima kunjungan Kemenkes terkait rencana pembangunan RS Pusat Otak di Makassar. /Antara
Health

Gubernur Sulsel Dukung Kemenkes Bangun RS Pusat Otak di Makassar

Fatkhul Maskur
Minggu, 18 April 2021 - 19:06
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR -Setelah meresmikan RS Otak M Hatta di Bukittinggi, Kementerian Kesehatan berencana membangun fasilitas kesehatan serupa di Makassar. Pemrov Sulsel pun siap memberi dukungan.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyatakan siap memberikan dukungan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait dengan rencana pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar.

"Sulawesi Selatan nyatakan siap untuk pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini. Kami senang dengan ide ini," ujar Andi Sudirman seperti dikutip Antara, Ahad (18/4/2021).

Dia menyatakan banyak aset Pemprov Sulsel yang bisa dimanfaatkan, yang nantinya bisa dihibahkan untuk pembangunan rumah sakit ini.

Adapun untuk kebutuhan lahan akan dipenuhi dengan hibah bangunan dan kerja sama. "Kami ingin nantinya rumah sakit ini dikelola BUMN, karena ini berisiko. Saya tidak mau menetapkan kebijakan jika nantinya bisa berubah [pergantian kepemimpinan]," katanya.

Ia mengaku senantiasa menerima kembali kunjungan rombongan Kementerian Kesehatan untuk mematangkan rencana tersebut. "Kapan saja, saya selalu terbuka. Saya siap menerima, yang penting untuk masyarakat banyak. Mari kita sama-sama kerjakan," tuturnya.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Abdul Kadir melaporkan ada keinginan Menkes untuk membangun Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar. Nantinya, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini menjadi rumah sakit otak kedua di Indonesia, setelah Rumah Sakit Otak Nasional di Jakarta.

"Kami mohon bantuan Bapak Plt Gubernur untuk merealisasikan rencana pembangunan rumah sakit ini. Kami siapkan anggaran sekitar Rp900 miliar untuk bangunan gedung dan peralatan rumah sakit," ujarnya.

Bangunan RS Pusat Otak Nasional ini, kata dia, bisa berstandar internasional, bahkan bisa menjadi peluang besar untuk Sulsel, karena akan melayani masyarakat di Indonesia bagian timur.

Ia juga berterima kasih atas penerimaan dan dukungan Plt Gubernur Sulsel dalam mendukung percepatan pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar.

Neurolog RS PON Jakarta dr Nizar Yamanie menambahkan persetujuan dari Plt Gubernur menjadi kabar gembira untuk percepatan pembangunan rumah sakit ini. Ia memuji infrastruktur di Sulsel, khususnya di Makassar yang berkembang pesat.

"Makassar ini akan jadi sentral Indonesia Timur. Banyak potensi di Sulsel. Aman Indonesia jika Gubernurnya [Andi Sudirman Sulaiman] seperti ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro