Gingseng Merah. Berbagai manfaat kesehatan ginseng merah telah disetujui oleh Kementerian Keamanan Makanan dan Obat Korea Selatan. /Tokopedia
Health

Ginseng Merah Korea Diklaim Bisa Jadi Booster Kinerja Vaksin Covid-19

Rezha Hadyan
Senin, 26 April 2021 - 10:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa penelitian yang dilakukan di Korea Selatan menunjukkan bahwa ginseng merah mampu meningkatkan kinerja vaksin atau menjadi booster.

Oleh karena itu, menurut Korea Ginseng Corporation (KGC), produk yang mengandung ginseng merah baru-baru ini mendapatkan perhatian di tengah kampanye vaksinasi Covid-19 yang sedang berlangsung.

Untuk membantu masyarakat lebih mengenal peran ginseng merah dalam meningkatkan efektivitas vaksin, KGC--perusahaan milik negara, baru-baru ini meminta lembaga penelitiannya mengumpulkan studi yang relevan dari masa lalu.

Penelitian tersebut membahas tentang korelasi antara asupan ginseng merah dan tingkat kelangsungan hidup tikus percobaan saat terpapar virus pernapasan.

Laporan Journal of Medicinal Food 2012, berjudul, Efek Perlindungan dari Ekstrak Ginseng Merah Korea terhadap Infeksi oleh Virus Influenza H1N1 dan H3N2 pada Tikus, menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak ginseng merah pekat selama 14 hari mengembangkan kekebalan lebih tinggi daripada yang tidak.

Ketika kedua kelompok diberikan vaksin untuk H1N1 dan H3N2, dan kemudian disuntik dengan kedua virus tersebut. Kelompok pertama juga memiliki respons peradangan yang lebih sedikit.

Laporan terpisah dari Journal of Ginseng Research pada 2019 menunjukkan hasil serupa.

Berjudul, Ginseng Merah Korea Meningkatkan Kemanjuran Vaksin Pneumokokus Pep27 dengan Menghambat Produksi Spesies Oksigen Reaktif, laporan tersebut mengatakan tikus yang diberi ekstrak ginseng merah pekat membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mengembangkan kekebalan daripada yang tidak, sebelum kedua kelompok diberikan vaksin pep27, dan terkena virus.

"Studi membantu menjelaskan bagaimana ginseng meningkatkan kinerja vaksin dan dapat berkontribusi pada orang di seluruh dunia untuk menjalani hidup sehat," kata KGC.

KGC mencatat bahwa berbagai manfaat kesehatan ginseng merah telah disetujui oleh Kementerian Keamanan Makanan dan Obat, termasuk melawan kelelahan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan memori dan sirkulasi darah.

Pada 2020, KGC menandatangani nota kesepahaman dengan International Vaccine Institute untuk bersama-sama mengembangkan penguat kekebalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro