Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuci Hidung, Solusi Redakan Sinusitis

Hidung memiliki fungsi penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan organ pernapasan ini menjadi penting.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 April 2021  |  22:03 WIB
Beberapa gejala sinusitis antara lain sakit kepala, gejala flu lebih dari seminggu, warna lendir berubah, dan nyeri pada wajah dan area sinus (rongga udara dibalik tulang wajah).  - rsmitrakeluargategal
Beberapa gejala sinusitis antara lain sakit kepala, gejala flu lebih dari seminggu, warna lendir berubah, dan nyeri pada wajah dan area sinus (rongga udara dibalik tulang wajah). - rsmitrakeluargategal

Bisnis.com, JAKARTA - Hidung memiliki fungsi penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan organ pernapasan ini menjadi penting. 

Dokter Spesialis THT-KL RS Mitra Keluarga Serpong dr. Hemastia Manuhara Harba'i mengatakan bahwa tidak sedikit orang mengalami sejumlah keluhan di hidung, salah satunya sinusitis.

Sinusitis merupakan kondisi ketika rongga yang berada di sekitar hidung (sinus) mengalami peradangan akibat infeksi atau iritasi. Hemastia menyebut penderita sinusitis biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri pada wajah, hidung tersumbat, batuk, pilek, sakit kepala dan hilangnya indera penciuman. 

"Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam terapi pengobatannya dengan rajin membersihkan hidung," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (26/4/2021).

Hemastia menuturkan cuci hidung sangat penting dilakukan karena dapat membersihkan hidung dari kotoran, mencegah timbulnya penyakit saluran napas, mencegah kekambuhan alergi, membantu penyembuhan peradangan hidung dan sinus. 

"Sekarang kita dapat dengan mudah mencuci hidung menggunakan alat pencuci hidung elektrik dan jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari informasi yang benar mengenai cara mencuci hidung," tuturnya.

Direktur PT Enseval Medika Prima Taruna Widjaja mengatakan untuk membantu masyarakat menjaga kebersihan hidung, pihaknya lantas membuat alat terapi pernafasan khususnya bagi penderita sinusitis yang diberi nama Elvasense Portable Nasal Washer. 

Business Head LOB Personal Health PT Enseval Medika Prima Dicky Mulyono menerangkan Elvasense Portable Nasal Washer merupakan alat pembersih hidung yang nyaman, efekif dan dirancang khusus untuk merawat dan membersihkan rongga hidung pada anak-anak dan dewasa.

Alat ini katanya dapat digunakan dengan larutan garam (larutan salin) atau obat sesuai dengan anjuran dokter untuk tujuan penggunaan aerosol. 

Dicky menerangkan Elvasense Portable Nasal Washer digunakan untuk membersihkan rongga hidung dari kerak lendir, kotoran, serbuk sari, alergi. 

"Alat ini juga bisa meningkatkan aliran mukus sehingga saluran sinus menjadi bersih, menarik keluar cairan, mengecilkan selaput lendir yang membengkak, dan mencegah infeksi sinus," tambah Dicky.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

influenza sakit kepala
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top