Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Alasan Medis Kenapa Anda Selalu Merasa Haus

Jika Anda telah keluar untuk jogging atau berjalan sangat jauh, wajar jika Anda merasa haus. Mungkin Anda makan terlalu banyak keripik asin (namkeen) dan sekarang Anda mendambakan air.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 30 April 2021  |  11:36 WIB
Ilustrasi orang minum air - istimewa
Ilustrasi orang minum air - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Haus adalah cara tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa ia kehabisan air, yang perlu berfungsi dengan baik.

Jika Anda telah keluar untuk jogging atau berjalan sangat jauh, wajar jika Anda merasa haus. Mungkin Anda makan terlalu banyak keripik asin (namkeen) dan sekarang Anda mendambakan air.

Merasa sangat kering jika Anda telah melakukan aktivitas adalah hal alami, tidak perlu khawatir. Di musim panas, orang memang berkeringat lebih banyak, begitu pula kami setelah aktivitas gym yang berat.

Tetapi jika Anda belum pernah benar-benar melakukan aktivitas berat atau berbeda yang menyebabkan dehidrasi sementara namun tubuh Anda terus merasa haus sepanjang waktu, itu bisa menandakan masalah kesehatan dalam tubuh Anda.

Berikut ini 5 kondisi medis yang mungkin Anda alami ketika selalu merasa kehausan seperti dilansir dari timenownews.com:

1. Diabetes

Polidipsia atau rasa haus yang berlebihan dan peningkatan buang air kecil adalah gejala awal diabetes yang umum. Ini juga biasanya disertai dengan kekeringan sementara atau berkepanjangan pada mulut. Ketika Anda menderita diabetes, glukosa menumpuk di dalam darah Anda, memaksa ginjal Anda bekerja terlalu keras untuk mencoba dan menyerapnya.

Ketika ginjal Anda tidak dapat mengimbangi, itu menyebabkan Anda menghasilkan lebih banyak urin dari biasanya. Upaya berlebihan untuk membuang kelebihan gula akan terus berlanjut sampai kadar gula dalam darah menjadi normal dan dalam prosesnya membuat orang merasa haus dan menginginkan lebih banyak air.

2. Konsumsi Obat

Rasa haus yang berlebihan terkadang bisa menjadi efek samping dari jenis obat tertentu, termasuk lithium, antipsikotik tertentu, dan diuretik (tablet air). Jika Anda merasa obat Anda menyebabkan rasa haus, bicarakan dengan dokter umum Anda tentang hal ini. Dokter mungkin mengubah resep dan membawa obat lain atau mengurangi dosis Anda.

3. Dehidrasi Parah

Artinya tubuh Anda tidak memiliki cukup air untuk melakukan tugas-tugas normal, dan rasa haus adalah gejala utamanya. Penyebabnya bisa beberapa, seperti terlalu banyak berolahraga, menderita diare, mual dan muntah, serta terlalu banyak berkeringat. Perhatikan warna urine pasien.

Jika urin terlalu kuning tua, sisi mulut terlalu kering, kulit kering, disertai sakit kepala, tidak ada air mata saat anak menangis, lesu, mudah tersinggung, popok basah lebih sedikit untuk anak-anak… bisa jadi dehidrasi yang perlu segera ditangani medis intervensi.

4. Anemia

Anemia berarti tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau didapat di kemudian hari, baik karena gaya hidup atau penyakit lain atau pendarahan hebat. Anemia ringan mungkin tidak menyebabkan begitu banyak rasa haus, tetapi jika kondisinya parah, seseorang tidak hanya merasa haus, tetapi juga pusing, kelelahan, lemah. Denyut nadi bertambah cepat, kulit menjadi pucat atau kekuningan, berkeringat, dll.

5. Hiperkalsemia

Hiperkalsemia berarti kadar kalsium dalam darah Anda di atas normal. Apa penyebab Hiperkalsemia? Penyebabnya bisa jadi karena kelenjar paratiroid yang terlalu aktif (hiperparatiroidisme), tanda penyakit lain (tuberkulosis, sarkoidosis), dan bahkan kanker (paru-paru, payudara, ginjal, multiple myeloma).

Menurut sebuah laporan di WebMD, Hiperkalsemia menyebabkan TIDAK HANYA rasa haus yang berlebihan tetapi juga membawa gejala lain seperti lebih sering buang air kecil, sakit perut, mual dan muntah, sembelit, nyeri tulang dan kelemahan otot, rasa bingung, kelelahan, dan depresi. , detak jantung yang dipercepat, detak jantung yang terlewati, dll.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top