Gigi kuning/istimewa
Health

Penyebab Gigi Menjadi Kuning dan Cara Pencegahannya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 April 2021 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masalah gigi kuning bukanlah hal baru dan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat sering menderita hal yang sama.

Gigi memainkan peran integral dalam daya tarik estetika penampilan, oleh karena itu orang cenderung lebih berhati-hati dalam menjaganya agar tetap sehat, bersih, rapi, dan putih.

Pemutihan gigi adalah metode populer yang sering dipilih orang saat mencoba menghilangkan gigi kuning. Namun, pemutihan gigi tidak dipercaya orang secara keseluruhan karena beberapa percaya bahwa proses tersebut menyebabkan kerusakan pada gigi.

Mengapa gigi menguning? Beberapa penyebab umum gigi kuning adalah sebagai berikut seperti dilansir dari timenownews::

1. Aktivitas gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum
2. Diet yang mengandung kopi dan karbohidrat berlebih
3. Enamel menipis karena penggunaan gigi yang konstan
4. Masalah kesehatan yang mendasari memerlukan konsumsi obat, bahan kimia yang dapat bereaksi dengan gigi
5. Penuaan bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi

Berikut beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan gigi yang lebih sehat dan lebih putih:

1. Cuka sari apel

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central yang berjudul "Pengaruh cuka pada pemutihan gigi dan jaringan keras gigi secara in vitro", terbukti bahwa cuka sari apel dapat membantu mendapatkan gigi yang lebih putih. Namun penggunaannya harus dalam jumlah yang minimal dan tidak teratur karena dapat merusak permukaan gigi.

2. Menyikat

Pastikan untuk menyikat setidaknya dua kali sehari, masing-masing selama 2-3 menit untuk menjaga kesehatan gigi. Bersihkan setiap bagian mulut Anda, serta lidah Anda. Anda bisa memilih pasta gigi pemutih gigi untuk membuat gigi Anda lebih putih.

3. Diet sehat

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C, serat, buah-buahan, dan sayuran. Ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi Anda serta tubuh Anda secara keseluruhan. Hindari makanan seperti buah beri, kopi, bit yang bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi.

4. Arang aktif

Berbagai perusahaan yang memproduksi pasta gigi memasarkan berbagai pasta gigi yang mengandung arang aktif. Untuk alasan yang benar, ini dapat membantu menjaga gigi tetap putih dan menghilangkan noda. Anda juga bisa menggunakan arang aktif dalam bentuk kapsul dengan cara mengoleskannya pada gigi dan kemudian dibilas.

5. Hidrogen peroksida dan soda kue

Kombinasi hidrogen peroksida dan soda kue berguna untuk menghilangkan noda dan gigi yang menguning. Anda dapat menggunakannya melalui pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida dan soda kue, atau Anda dapat membuat pasta di rumah dengan mencampurkan 2 sendok makan hidrogen peroksida dengan 1 sendok makan soda kue dan mengoleskannya ke gigi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro