Bill Gates/Istimewa
Entertainment

2 Orang Terkaya Dunia Bill Gates dan Jezz Bezos Bercerai, Siapa yang Paling Tajir

Hadijah Alaydrus
Selasa, 4 Mei 2021 - 06:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengumuman perceraian salah satu pendiri Microsoft Corp. Bill Gates dengan istrinya Melinda Gates menarik perhatian khalayak masyarakat. 

Pasalnya, keduanya terkenal sebagai pasangan filantropis yang jauh dari sorotan media dan termasuk memiliki hubungan yang stabil selama 27 tahun menikah. 

Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia. Sementara itu, Melinda Gates yang berusia 56 tahun adalah mantan manajer Microsoft yang menjadi pemerhati kesehatan global dan kesetaraan gender bagi wanita dalam perannya mengelola yayasan keduanya, yakni Bill & Melinda Gates Foundation.

Meski bercerai, keduanya akan terus bekerja sama di yayasan filantropi besar yang mereka bangun untuk meningkatkan kesehatan global, memerangi perubahan iklim, dan mendukung pendidikan AS. 

Sebagai orang terkaya keempat di dunia, Bill memiliki aset sebesar US$145,8 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Kekayaan bersihnya berasal dari Microsoft tetapi sahamnya di produsen perangkat lunak itu sekarang mungkin kurang dari 20 persen dari asetnya. Kemudian, dia mengalihkan sebagian besar sahamnya ke Bill & Melinda Gates Foundation selama bertahun-tahun dan kepemilikan persisnya belum diungkapkan sejak dia meninggalkan dewan direksi Microsoft tahun lalu. 

Aset terbesar Gates adalah Cascade Investments, sebuah perusahaan induk yang dia buat dengan hasil penjualan saham Microsoft dan dividen yang dijalankan oleh Michael Larson. Melalui Cascade, Gates memiliki minat dalam real estat, energi dan perhotelan serta saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor, Deere & Co.

Namun, kedua pasangan tidak mengumumkan masalah terkait dengan pembagian harta gono-gini. 

Terlepas dari hal itu, kasus perceraian keduanya terbilang merupakan kasus terbesar kedua di kalangan orang terkaya dunia, setelah pengumuman perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott pada 2019. 

Menurut data The Real-Time Billionaires List yang dirilis Forbes, Jeff Bezos saat ini tercatat memiliki harta kekayaan bersih mencapai US$196,2 miliar (sekitar Rp 2.844,9 triliun) pada awal 2021.

Kekayaannya turun dibandingkan posisi Agustus 2020 yang mencapai US$200 miliar atau Rp2.900 triliun. Bezos sendiri masih menjadi urutan pertama orang terkaya di dunia. 

Jeff diketahui bercerai dengan MacKenzie Scott pada pertengahan 2019 dan Scott mendapatkan bagian 4 persen saham Amazon. Alhasil, namanya langsung masuk ke jajaran wanita terkaya di dunia. Dikutip dari Forbes, janda Bezos ini memiliki kekayaan sebesar US$58,6 miliar atau Rp849,7 triliun pada akhir 2020. 

Jeff dan Scott bertemu pada 1992 dan menikah pada 1994. Keduanya pun pindah ke Seattle untuk merintis Amazon. Pada awal Amazon berkembang, Scott sempat kebagian mengurus keuangan di perusahaan. 

Sama dengan Bill dan Melinda, Scott juga dikenal sebagai filantropis. Bahkan, dia bergabung dengan Bill & Melinda Gates Foundation dalam berbagai program. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro