Siklus menstruasi
Health

Sering Merasa Mual Saat PMS? Ini Penyebabnya

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 7 Mei 2021 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perasaan tidak nyaman pada area pencernaan sering kali di derita oleh para wanita saat akan memasuki masa menstruasi. Bahkan hal itu bisa menumbulkan rasa mual.

Melansir dari sugarpop, seperti yang dijelaskan oleh seorang ginekolog di NYU Langone Health, Taraneh Shirazian mengatakan perubahan hormonal akan terjadi di tubuh saat waktu menstruasi.

Dan saat akan memasuki masa tersebut, hormon tersebut bertanggung jawab atas rasa mual dan bahkan perubahan pada usus seperti diare.

Secara spesifik, Shirazian menjelaskan bahwa gejala sindrom pra-menstruasi (PMS) merupakan efek samping dari lonjakan hormon yang disebut Luteinizing hormone (LH) dan penurunan hormon yang disebut progesteron. Dan itulah mengapa rasa mual tidak diragukan lagi sehingga perut tidak nyaman.

"Saya pikir jika Anda sangat bergejala di sekitar PMS dan menstruasi, itu sudah pasti harus berbicara dengan dokter tentang kemungkinan menggunakan sesuatu hormonal kontrasepsi untuk menyamakan hormon sehingga tubuh tidak memperhatikan fluks alami dari lonjakan LH. dan penghentian progesteron, " kata Shirazian.

Namun menurut ahli kesehatan reproduksi dan seksual bersertifikat untuk Intimina, Alyssa Dweck mengatakan gejala PMS biasanya hilang begitu menstruasi dimulai.

Dan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan beberapa ketidaknyamanan itu untuk sementara. Dweck menyebutkan mint dan jahe dapat membantu, serta menghindari makanan yang memicu sakit perut.

“Sebagai aturan, jika gejala PMS Anda mengganggu gaya hidup Anda dan membatasi apa yang dilakukan setiap hari, Anda harus menghubungi dokter untuk mendapatkan nasihat dan bimbingan,” tutup Dewck.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro