Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sering Merasa Mual Saat PMS? Ini Penyebabnya

Shirazian menjelaskan bahwa gejala sindrom pra-menstruasi (PMS) merupakan efek samping dari lonjakan hormon yang disebut Luteinizing hormone (LH) dan penurunan hormon yang disebut progesteron. Dan itulah mengapa rasa mual tidak diragukan lagi sehingga perut tidak nyaman.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  11:29 WIB
Sering Merasa Mual Saat PMS? Ini Penyebabnya
Siklus menstruasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perasaan tidak nyaman pada area pencernaan sering kali di derita oleh para wanita saat akan memasuki masa menstruasi. Bahkan hal itu bisa menumbulkan rasa mual.

Melansir dari sugarpop, seperti yang dijelaskan oleh seorang ginekolog di NYU Langone Health, Taraneh Shirazian mengatakan perubahan hormonal akan terjadi di tubuh saat waktu menstruasi.

Dan saat akan memasuki masa tersebut, hormon tersebut bertanggung jawab atas rasa mual dan bahkan perubahan pada usus seperti diare.

Secara spesifik, Shirazian menjelaskan bahwa gejala sindrom pra-menstruasi (PMS) merupakan efek samping dari lonjakan hormon yang disebut Luteinizing hormone (LH) dan penurunan hormon yang disebut progesteron. Dan itulah mengapa rasa mual tidak diragukan lagi sehingga perut tidak nyaman.

"Saya pikir jika Anda sangat bergejala di sekitar PMS dan menstruasi, itu sudah pasti harus berbicara dengan dokter tentang kemungkinan menggunakan sesuatu hormonal kontrasepsi untuk menyamakan hormon sehingga tubuh tidak memperhatikan fluks alami dari lonjakan LH. dan penghentian progesteron, " kata Shirazian.

Namun menurut ahli kesehatan reproduksi dan seksual bersertifikat untuk Intimina, Alyssa Dweck mengatakan gejala PMS biasanya hilang begitu menstruasi dimulai.

Dan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan beberapa ketidaknyamanan itu untuk sementara. Dweck menyebutkan mint dan jahe dapat membantu, serta menghindari makanan yang memicu sakit perut.

“Sebagai aturan, jika gejala PMS Anda mengganggu gaya hidup Anda dan membatasi apa yang dilakukan setiap hari, Anda harus menghubungi dokter untuk mendapatkan nasihat dan bimbingan,” tutup Dewck.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan menstruasi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top