Gejala meninggal dunia. /princetonshcs.orga
Health

5 Gejala yang Perlu Anda Tahu Saat Seseorang akan Meninggal Dunia

Ni Luh Anggela
Selasa, 18 Mei 2021 - 12:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kematian merupakan sesuatu yang sudah pasti, dan tentu akan dialami oleh semua mahkluk hidup. Ada sejumlah gejala umum saat seseorang akan meninggal dunia.

Dunia kedokteran, mengutip dari DW, Selasa (18/5/2021), menetapkan tiga fase kematian, dari mati klinis, mati otak, hingga fase final kematian secara biologis yang mana jasad menjadi kaku dan proses pembekuan dimulai.

Fase pertama mati klinis, ditandai dengan berhentinya pernafasan dan detak jantung. Impuls dari otak mulai memudar dan pancaindera tidak lagi bereaksi. Beberapa kasus medis membuktikan, ada orang yang telah dinyatakan mati klinis selama beberapa menit, dapat hidup kembali setelah menjalani proses reanimasi klinis.

Pada fase kedua, mati otak, semua fungsi otak berhenti. Pasien biasanya masih dapat hidup karena ditopang alat-alat kedokteran, seperti alat pernafasan, alat pacu jantung dan lain-lain.

Kemudian fase final, yakni kematian biologis yang ditandai dengan kematian miliaran sel-sel tubuh. Kulit jasad menunjukkan bercak-bercak kematian dan jasad menjadi kaku. Pada fase ini sudah bisa dipastikan bahwa mahkluk hidup sudah mati.

Menurut National Institute of Health's (NIH's) National Institute of Aging (NIA) AS ada beberapa tanda bahwa orang yang lebih tua atau individu dengan penyakit terminal mendekati akhir, seperti dilansir dari Express, Selasa (18/5/2021).

Salah satu tanda yang paling umum adalah sesuatu yang dikenal sebagai dyspnea. Ini adalah sesak napas yang terjadi akibat tidak terpenuhinya pasokan oksigen ke paru-paru yang menyebabkan pernapasan menjadi pendek, cepat dan dangkal.

Ada juga tanda-tanda mental yang dapat menandakan bahwa orang yang sakit atau lanjut usia mendekati kematian.

Yang paling umum dari tanda-tanda ini adalah peningkatan depresi atau kecemasan.

Seseorang juga cenderung menjadi semakin lelah dan mengalami tingkat 'kantuk' yang tinggi.

Berkurangnya kewaspadaan adalah tanda lain bahwa seseorang mendekati kematian.

Lalu, penolakan untuk makan atau minum, atau kehilangan nafsu makan, adalah gejala umum lainnya.

Perlu diperhatikan, setiap gejala ini, jika diambil sendiri, bukanlah tanda kematian. "Tapi, bagi seseorang dengan penyakit serius atau kesehatan yang menurun, ini mungkin menunjukkan bahwa orang tersebut mendekati akhir kehidupan.

Selain itu, ketika seseorang lebih dekat dengan kematian, tangan, lengan, kaki, atau kaki mungkin dingin saat disentuh.

Beberapa bagian tubuh mungkin menjadi lebih gelap atau berwarna biru.

Pernapasan dan detak jantung mungkin melambat. Bahkan, mungkin ada saat-saat ketika pernapasan orang itu menjadi abnormal, yang dikenal sebagai pernapasan Cheyne-Stokes.

Beberapa orang mendengar suara deru maut, pernapasan berisik yang membuat suara gemericik atau berderak.

Dada berhenti bergerak, tidak ada udara yang keluar dari hidung, dan tidak ada denyut nadi. Mata yang terbuka bisa tampak berkaca-kaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro