Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penipu Incar Penggalangan Dana, Ini Pengalaman Ummi Pipik Saat Bantu Palestina

Pada bukti transfer yang pertama tertulis transaksi berlangsung pada tanggal 17 Mei 2021 pukul 13.58 di mesin ATM CB. DPK Amlimo. Pengirim bernama M. Febri Andika dari Bank BTPN ke rekening Umi Pipik di BCA. Nilai transfer Rp 5,5 juta.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Mei 2021  |  15:41 WIB
Poster penggalangan dana untuk Palestina - Instagram@_ummi_pipik_\\r\\n
Poster penggalangan dana untuk Palestina - [email protected]_ummi_pipik_\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang berniat baik ternyata bisa juga menjadi target penipu. Hal seperti itu dialami Umi Pipik. 

Umi Pipik mengaku hampir tertipu saat menggalang dana untuk membantu warga Palestina. Melalui akun Instagram, Umi Pipik pun mengunggah foto pesan instan yang dia terima dari orang yang mengaku telah berdonasi.

Orang tersebut mengaku keliru mengetik nominal transfer uang donasi yang semestinya Rp500 ribu tapi tertera Rp 5,5 juta. Orang itu minta supaya Umi Pipik mengembalikan atau mentransfer balik sebesar Rp5 juta.

Tak langsung percaya, mantan istri almarhum Jefri Al Buchari ini mengecek ke rekening penampung donasi masyarakat dan ke orang yang juga mengurus sumbangan bagi warga Palestina. "Ya Allah, kok masih ada yang tega mau menipu," tulis Pipik Dian Irawati pada Senin, 17 Mei 2021, seperti ditulis Tempo.co, Jumat (28/5/2021).

Dia menjelaskan sudah mengecek mutasi rekening dan tidak ada yang mengirimkan donasi dengan nominal Rp5,5 juta. Pada unggahan itu, Umi Pipik menunjukkan modus penipu tadi. Jadi, ada dua struk bukti transfer yang isinya hampir sama.

Perbedaan dua struk transfer uang itu hanya pada keterangan jam, bank tujuan, dan nama penerima. Pada bukti transfer yang pertama tertulis transaksi berlangsung pada tanggal 17 Mei 2021 pukul 13.58 di mesin ATM CB. DPK Amlimo. Pengirim bernama M. Febri Andika dari Bank BTPN ke rekening Umi Pipik di BCA. Nilai transfer Rp 5,5 juta.

Pada bukti transfer kedua, transaksi dilakukan pada tanggal yang sama, hanya beda waktu yakni 10 menit lebih awal, pukul 13.48. Nama pengirim, rekening asal, dan nominal transfer masih sama. Namun yang dituju adalah rekening BCA Komnas untuk Rakyat. Nomor referensi yang tertera di dua bukti transaksi ini sama persis.

Umi Pipik mejelaskan, sengaja menyampaikan dan mengunggah foto-foto bukti transaksi itu kepada publik agar masyarakat waspada. "Mohon semuanya berhati-hati dengan penipuan ini," katnya.

Umi Pipik menyimpan nomor orang yang mengklaim telah melakukan transaksi itu. "Semoga yang berniat menipu ini sadar. Ini uang untuk kemanusiaan, uang umat untuk saudara-saudara kita warga Palestina," katanya.

Kejadian yang sudah berlangsung sepekan lalu tersebut layak menjadi perhatian bersama. Jika ada yang mengaku-aku salah transfer uang, para penyelenggara penggalangan dana ada baiknya menjadi lebih waspada.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palestina penipuan ustad jefry al-buchori pipik

Sumber : Tempo.co

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top