Belanja online menyediakan fasilitas paylater dan kartu kredit. - istimewa
Fashion

Ini Perbedaan Kartu Kredit dan Paylater

Lukman Nur Hakim
Selasa, 8 Juni 2021 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini pembayaran nanti atau Paylater menjadi metode pembayaran yang marak digunakan oleh masyarakat. Terlebih, berbagai platform e-commerce menggunakan metode pembayaran ini untuk barang atau jasa yang mereka perjualkan. 

Penggunaan paylater sendiri menjadi marak digunakan karena masyarakat bisa membeli barang yang mereka inginkan saat itu juga namun dapat membayar pada hari lainnya. Hal itu serupa dengan metode pembayaran dengan menggunakan metode kartu kredit.

Namun, dengan adanya paylater membuat masyarakat lebih beralih ke paylater dari pada kartu kredit. Berikut perbedaan antara kartu kredit dengan paylater. 

1. Penyedia Layanan

Kartu kredit dan paylater disediakan oleh penyedia yang berbeda. Kartu kredit sudah jelas dikelola atau disediakan oleh bank, sedangkan paylater merupakan layanan yang hasil kerja sama antara sebuah platform e-commerce dengan sebuah perusahaan.

2. Persyaratan pengajuan

Persyaratan kartu kredit lebih panjangan dari pada paylater. Dalam pengajuan pembuatan kartu kredit, anda harus menyerahkan KTP, bukti penghasilan berupa slip gaji, surat pemberitahuan pajak (SPT) atau bukti lainnya.

Sedangkan paylater, kalian hanya perlu memiliki KTP dan berusia 21 tahun saja untuk mengajukan pembuatan paylater.

3. Tenor pinjaman

Selain menyediakan layanan, kartu kredit dan paylater memiliki perbedaan dalam tenor pinjaman. Biasanya, kartu kredit memiliki tenor lebih lama daripada paylater. Jika kartu kredit memiliki tenor dari 1 bulan sampai 36 bulan. Sedangkan paylater lebih pendek, yaitu hanya sekitar 1 – 12 bulan saja.

4. Ruang Lingkup

Dalam ruang lingkupnya, kartu kredit dan paylater berbeda. Jangkauan ruang lingkup kartu kredit lebih luas dari pada paylater. Contohnya, kartu kredit bisa digunakan di berbagai toko atau berbagai platform. Sedangkan paylater hanya digunakan di platform tertentu saja. 

5. Batas Pinjaman

Kartu kredit memiliki limit pinjaman lebih besar daripada paylater. Biasanya limit kartu kredit sesuai dengan slip gaji yang diberikan pada awal pembuatan, sedangkan paylater hanya memiliki limit kecil untuk peminjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro