Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Penyebab dan Gejala Asam Urat 

Ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka akan terjadi hiperurisemia. Hiperurisemia bisa membentuk kristal asam urat.
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  15:13 WIB
Sakit asam urat - Istimewa
Sakit asam urat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat dan memunculkan penyakit asam urat. (11/06/2021) 

Sebagian besar asam urat larut di dalam darah melewati ginjal dan akan meninggalkan tubuh melalui pembuangan dalam urin. 

Mengutip dari my.clevelandclinic.org, Jumat (11/6/2021), ada beberapa makanan dan minuman yang memiliki purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh sebagai berikut:

1. Makanan laut terutama salmon, udang, lobster, dan sarden.

2. Daging merah

3. Daging organ seperti hati

4. Makanan dan minuman dengan kandungan fruktosa tingg

5. Alkohol terutama bir dan termasuk pula bir non-alkohol 

Ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka akan terjadi kondisi yang disebut hiperurisemia. Hiperurisemia dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat. Kristal tersebut dapat mengendap di persendian dalam tubuh. 

Karena hal itu penderita kerap merasakan nyeri yang menyakitkan pada persendian. Selain itu, kristal dapat mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. 

Jika tidak segera diobati, kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kerusakan tulang, sendi, penyakit jantung, dan penyakit jantung. 

Berikut cara pengobatan yang dilakukan untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi: 

Seseorang yang mengalami serangan asam urat mengkonsumsi obat-obatan dapat digunakan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan pembengkakan. Penderita harus lebih sering minum banyak cairan. 

Cobalah untuk meminum setidaknya delapan gelas setiap harinya agar kadar asam urat (batu ginjal) tersebut dapat dikeluarkan melalui urin. 

Jika memiliki batu ginjal yang lebih besar daripada umumnya yang menyebabkan infeksi Anda akan dianjurkan untuk melakukan operasi pengangkatan batu. 

Untuk mengontrol kadar asam urat yang tinggi dapat dilakukan dengan berdiet. Perhatikan pola makan dan jenis makanan dan minumannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit kolesterol asam urat
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top