Ilustrasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)./Antara
Health

Studi : Virus Covid-19 Varian Delta Bisa Menginfeksi Orang yang Sudah Disuntik Vaksin

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Juni 2021 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Studi yang dilakukan All India Institute of Medical Science (AIIMS) Delhi mengklaim keberadaan varian Delta COVID-19 (B1.617.2) bisa menginfeksi mereka yang sudah disuntik vaksin, baik 1 dosis bahkan 2 dosis.

Penelitian ini melibatkan 63 orang yang terinfeksi, dimana 36 pasien itu diketahui sudah menerima dua dosis, sementara 27 telah menerima satu dosis vaksin.

Dari 63 pasien itu, mereka yang terkena virus B.1.617.2 tercatat ada 23 orang. Dimana 12 orang itu sudah divaksinasi lengkap dan 11 divaksinasi sebagian.

"Garis keturunan B.1.617.2 pertama kali dijelaskan di India dan terkait dengan peningkatan transmisibilitas serta pelepasan kekebalan dan telah berkembang menjadi salah satu garis keturunan yang dominan di India," kata studi AIIMS dilansir dari Mint.

Adapun 63 pasien itu, 10 pasien menerima vaksin Covishield sementara 53 menerima Covaxin, sedangkan jenis kelaminnya adalah 41 adalah laki-laki dan 22 perempuan.

"Analisis kami mencakup 63 kasus infeksi terobosan vaksin yang tanggal vaksinnya dapat dipastikan, di mana 36 pasien menerima dua dosis, sementara 27 menerima satu dosis vaksin. Sepuluh pasien menerima AZD1222/Covishield sementara 53 menerima BBV152/Covaxin, " studi itu melaporkan.

Para pasien memiliki usia rata-rata usia 37 dimana 41 orang adalah laki-laki dan 22 adalah perempuan. Tak satu pun dari pasien memiliki penyakit penyerta yang dapat bertindak sebagai faktor predisposisi untuk infeksi.

"Karena garis keturunan B.1.617.2 (Delta) juga lazim pada kelompok ini, setiap perbedaan garis keturunan yang signifikan antara sampel yang divaksinasi lengkap dan sebagian dianalisis. Perbedaannya tidak ditemukan signifikan pada kedua vaksin dosis ganda dan vaksin dosis tunggal," tambah studi tersebut.

Laporan lebih lanjut menyatakan bahwa tidak ada laporan kematian dalam ukuran sampel 63 orang, meskipun hampir semua kasus melaporkan demam tinggi yang tidak kunjung reda selama 5-7 hari.

“Viral load pada saat diagnosis tinggi pada semua pasien terlepas dari status vaksinasi atau jenis vaksin yang diterima. Perjalanan awal penyakit dengan demam non-remisi tingkat tinggi berlangsung selama lima hingga tujuh hari pada kelompok yang divaksinasi, mirip dengan presentasi klinis pada pasien yang tidak divaksinasi. Selama perjalanan penyakit berikutnya, baik penyakit yang memburuk (biomarker stabil) maupun kematian tidak dilaporkan pada kelompok ini, mengkonfirmasi pengamatan sebelumnya," sesuai penelitian.

Studi ini juga mengomentari prevalensi varian Delta di Delhi dan mengatakan, infeksi ulang dan infeksi pasca vaksin adalah kejadian langka dan sekuensing genomik dari infeksi terobosan vaksin dapat memberikan wawasan yang berguna.

Dalam kelompok saat ini, infeksi pasca vaksin diselidiki menggunakan sekuensing genom, sangat tumpang tindih dan mencerminkan kasus COVID-19 di negara bagian Delhi, varian yang menjadi perhatian B.1.617.2 dan B.1.1.7 merupakan mayoritas, tetapi proporsinya tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan prevalensi populasi varian selama periode ini dengan transmisi komunitas yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro