Petugas menunjukkan kantong darah di unit transfusi darah PMI Indramayu, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Health

Hari Donor Darah : Kaum Muda Jadi Fokus Kampanye WHO

Ni Luh Anggela
Senin, 14 Juni 2021 - 10:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Ini merupakan inisiatif Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hari ini dirayakan setiap tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan darah dan produk darah yang aman untuk transfusi dan kontribusi kritis sukarela dalam menyelamatkan nyawa.

“Hari ini juga memberikan kesempatan untuk ajakan bertindak kepada pemerintah dan otoritas kesehatan nasional untuk menyediakan sumber daya yang memadai dan menempatkan sistem dan infrastruktur untuk meningkatkan pengumpulan darah dari donor darah sukarela dan tidak dibayar,” tulis WHO di situs resminya, Senin (14/6/2021).

Darah dan produk darah yang aman dan transfusi mereka adalah aspek penting dari perawatan dan kesehatan masyarakat. Mereka menyelamatkan jutaan nyawa dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup banyak pasien setiap hari.

Menurut WHO, banyak negara berkembang menghadapi kekurangan darah yang parah. “Kebutuhan darah bersifat universal, tetapi akses darah bagi semua orang yang membutuhkannya tidak.”

Untuk memastikan bahwa setiap orang yang membutuhkan darah aman memiliki akses ke sana, semua negara membutuhkan donor sukarela  dan tidak dibayar, yang memberikan darah secara teratur. Sepanjang pandemi Covid-19, menurut WHO, meskipun mobilitas terbatas dan tantangan lainnya, pendonor darah di banyak negara terus mendonorkan darah dan plasma kepada pasien yang membutuhkan transfusi.

Untuk 2021, WHO menetapkan slogan Give Blood and Keep the World Beating (Berikan Darah dan Jaga agar Dunia Tetap Berdetak). Pesan tersebut menyoroti kontribusi penting donor darah untuk menjaga dunia berdenyut dengan menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan orang lain. Ini memperkuat seruan global bagi lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menyumbangkan darah secara teratur dan berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik.

Fokus khusus dari kampanye tahun ini adalah peran anak muda dalam memastikan pasokan darah yang aman. Di banyak negara, kaum muda telah menjadi yang terdepan dalam kegiatan dan inisiatif untuk mencapai persediaan darah yang aman melalui donor darah sukarela dan tidak dibayar. Kaum muda membentuk sektor populasi yang besar di banyak masyarakat dan umumnya penuh dengan idealisme, antusiasme, dan kreativitas.

Adapun kampanye tahun ini punya empat tujuan. Pertama, berterima kasih kepada pendonor darah di dunia dan menciptakan kesadaran masyarakat yang lebih luas tentang kebutuhan akan donor darah yang teratur dan tidak dibayar.

Kedua, mempromosikan nilai-nilai masyarakat donor darah dalam meningkatkan solidaritas masyarakat dan kohesi sosial.

Ketiga, mendorong kaum muda untuk merangkul seruan kemanusiaan untuk menyumbangkan darah dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Terakhir, merayakan potensi pemuda sebagai mitra dalam mempromosikan kesehatan.

Italia akan menjadi tuan rumah Hari Donor Darah Sedunia 2021 melalui Pusat Darah Nasionalnya. Acara global ini akan diadakan di Roma pada 14 Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro