Ilustrasi wanita sedang berolah raga di luar ruang/Freepik
Health

Awas Varian Delta! Ini Tips agar Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19

Anissa Putri
Kamis, 17 Juni 2021 - 20:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Varian virus Corona (Covid-19) sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ketiga varian Virus Corona penyebab Covid-19, yaitu B117 atau Alpha dari Inggris, B1351 atau Beta dari Afrika Selatan, dan varian B1617.2 atau Delta dari India.

Seiring dipercepatnya vaksinasi Covid-19, banyak orang mulai melonggarkan disiplin protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Padahal, pakar kesehatan meminta masyarakat berhati-hati karena masih banyak orang yang terinfeksi tanpa gejala (OTG) sehingga dapat menularkan Covid-19 ke orang lain.

Dr. Brenda Rea, Dokter di Loma Linda University Health telah menjelaskan bahwa menjaga kesehatan selama atau bahkan setelah pandemi harus menjadi prioritas utama.

"Ketika dunia mulai kembali ke keadaan sebelum pandemi, kesehatan harus tetap menjadi yang utama. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari infeksi oleh SARS-CoV-2 dan virus lain yang dapat membahayakan Anda." tutur Dr. Rea seperti dilansir dari news.llu.edu, Kamis (17/6/2021)

Agar tetap sehat saat beraktivitas kembali ke tempat umum, Dr. Rea menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut 6 tips menjaga agar tubuh tetap sehat selama pandemi Covid-19:

1. Menjaga Pola Makan
Diet adalah cara yang berarti untuk menjaga pikiran dan tubuh agar berjalan dengan baik. Diet memainkan peran penting dalam meningkatkan atau mengurangi stres hingga ke tingkat sel.

Makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh dapat bekerja sebagai pertahanan terhadap penyakit dan membantu tubuh Anda bekerja pada tingkat kinerja puncaknya.

2. Olah Raga
Olah raga setiap hari dapat mengurangi peluang terkena virus atau penyakit jangka panjang. Olah raga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu sekaligus mengurangi hormon stres yang dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, olah raga membantu memperkuat otot, termasuk jantung dan paru-paru sehingga tubuh lebih siap untuk melawan penyakit.

3. Minum Air Putih
Ketika beraktivitas kembali ke kehidupan normal, jangan lupa perhatikan asupan air yang diminum setiap hari. Minum air dapat membantu membersihkan tubuh dari racun, memastikan sistem tubuh berfungsi dengan baik dan membantu mencegah penyakit.

Asupan air yang cukup memungkinkan otak memproduksi bahan kimia yang diperlukan seperti serotonin atau melatonin untuk kesehatan emosional dan tidur yang optimal.

4. Berjemur
Vitamin D yang didapatkan dari paparan sinar matahari alami sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari yang aman secara konsisten dapat membantu mengurangi risiko penyakit, infeksi, beberapa jenis kanker, dan bahkan kematian setelah operasi.

5. Menjaga Kesehatan Mental
Stres telah terbukti melemahkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kemampuannya untuk berfungsi. Merawat kesehatan mental dapat membantu menghindari gangguan mood seperti depresi atau kecemasan, mengurangi risiko infeksi, dan tidak mudah merasa lesu atau tidak termotivasi.

6. Tidur Cukup
Menjaga kualitas tidur telah terbukti berdampak pada kesehatan kekebalan tubuh. Tubuh membutuhkan tidur untuk melawan penyakit menular, menempatkan diri pada risiko yang lebih tinggi saat terkena virus. Antibodi penangkal infeksi berkurang ketika seseorang tidak cukup tidur, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro