Ilustrasi/Msmcorp
Relationship

Generasi Milenial, Nih Cara Sukses Memulai Karir di Usia Muda

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 17 Juni 2021 - 17:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kamu masih muda, ataupun ingin mencoba meningkatkan karirmu, hal ini dapat menjadi catatan untukmu.

Banyak dari kita yang ingin mendapatkan kesuksesan karir, terutama jika masih muda. Tentu banyak rencana ataupun hal yang kita persiapkan, sehingga kesuksesan tersebut dapat digapai.

Terdapat beberapa saran terutama dari generasi yang telah berkecimpung di dalam dunia karir. Dilansir dari Entrepreneur Asia Pasific pada hari Rabu (16/6/21), berikut lima hal yang dapat menjadi catatanmu, untuk menciptakan kesuksesan jangka panjang.

1. Investasikan kemampuan diri terlebih dahulu

Orang-orang yang cenderung memprioritaskan kompensasi dibandingkan pengembangan keahlian, pada akhirnya akan bekerja untuk orang-orang yang memprioritaskan pengembangan keahliannya. Dengan mengutamakan pengembangan keahlian, maka Anda juga dapat menyempurnakan berbagai kemampuan di dalam berbagai aspek. Contohnya seperti menjadi pemimpin di dalam sebuah tim.

2. Tidak apa-apa jika tidak mengetahui segalanya

Jika sebagai sebuah rekan atau sebagai pekerja magang, mungkin Anda merasa tertekan untuk menjadi seseorang yang ‘serba tahu’, untuk mendapatkan kesan pertama yang cukup baik. Namun, pada nyatanya, tidak apa-apa jika Anda belum mengetahui segalanya. Datanglah lebih awal, lakukan riset, dan seraplah ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

3. Interview bukanlah terjadi secara sepihak

Jika Anda bertemu dengan para perekrut atau teman kerja di masa depan, ingatlah bahwa Anda mewawancarai mereka, seperti mereka mewawancarai Anda. Mungkin pertanyaan yang Anda ajukan kepada pewawancara, lebih penting dibandingkan pertanyaan yang diajukan kepada Anda. Ajukan pertanyaan, perkenalkan diri Anda kepada berbagai orang di departemen, dan rangkul budaya di perusahaan. Usahakan Anda dapat berkembang, bahagia, mendapat nilai, dan mengkontribusi dengan cukup berarti baik kepada organisasi.

4. Ambil lebih banyak risiko, buatlah beberapa kesalahan

Kegagalan bukanlah sebagai syarat untuk sukses. Beberapa generasi muda cenderung bermain aman dalam magang pertamanya, atau dalam pekerjaan barunya. Perlu Anda ketahui, ketakutan bukanlah hal yang harus Anda hindari secara aktif. Terkadang, keputusan yang paling membuatmu takut, adalah keputusan yang memberimu manfaat. Jujur pada diri sendiri bahwa hal terburuk bisa saja terjadi. Jika terjadi, maka terimalah, dan melompat!

5. Waktu adalah hal yang paling berharga

Waktu memang dapat kita miliki, namun sifatnya terbatas Pastikan untuk segera memulai lebih awal untuk melakukan hal-hal yang bersifat positif dan berguna untukmu. Semakin bertambahnya usia, maka Anda akan menemukan bahwa waktu akan semakin langka di setiap saat. Segeralah mengambil pengalaman dan kemampuan diri sebanyak mungkin, sehingga tidak menyia-nyiakan waktu begitu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro