Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Hubungan yang Sehat? 7 Hal Ini Harus Anda Hentikan

Dalam menjalani hubungan, baik itu pertemanan atau percintaan, memiliki relasi yang sehat tentu menjadi harapan semua orang. Memiliki hubungan yang sehat bahkan dipercaya memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, baik secara mental maupun fisik.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 17 Juni 2021  |  13:04 WIB
Persahabatan pria dan perempuan.  - Istimewa
Persahabatan pria dan perempuan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam menjalani hubungan, baik itu pertemanan atau percintaan, memiliki relasi yang sehat tentu menjadi harapan semua orang. Memiliki hubungan yang sehat bahkan dipercaya memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

Hubungan yang sehat tercipta melalui serangkaian percakapan tentang harapan dan kepentingan bersama. Namun, seringkali beberapa tindakan yang dilakukan baik disadari atau tidak, justru membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Dalam sebuah hubungan memang akan menemui pasang surut, tetapi ada baiknya untuk mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak Anda atau pasangan dan sahabat Anda lakukan agar hubungan menjadi lebih sehat.

Nedra Glover Tawwab, terapis dan penulis buku Set Boundaries, Find Peace, membagikan tujuh hal yang perlu dihentikan jika Anda menginginkan hubungan yang sehat.

1. Berhenti menghindari konflik

Hal-hal tidak akan pernah menjadi lebih baik jika orang lain tidak menyadari bahwa ada masalah. “Kejelasan menyelamatkan sebuah hubungan.” tulis Nedra di lama Instagramnya @nedratawwab, Kamis (17/6/2021).

2. Berhentilah mencoba memenangkan pertarungan

Sebuah masalah tidak akan selesai jika salah satu dari Anda berusaha menjadi yang paling benar. Temukan solusi alih-alih berfokus pada siapa yang benar dan siapa yang salah. Tujuannya adalah koneksi, bukan kemenangan.

3. Berhenti menyangkal perasaan orang lain

Perasaanmu juga valid. Tapi ada baiknya untuk menerima dan mempertimbangkan perasaan orang lain daripada menyangkalnya.

4. Berhentilah mencoba membuat orang berpikir seperti Anda

Selama seseorang menghormati kebutuhan Anda, mereka tidak harus berpikir persis seperti Anda dalam setiap topik. Ini tidak ideal dan seringkali tidak mungkin.

5. Berhenti menunggu orang membaca pikiranmu

Orang mungkin tidak tahu apa yang Anda butuhkan karena Anda belum berbagi kebutuhan Anda dengan mereka. Ingat, orang lain bukanlah dukun atau cenayang yang bisa membaca pikiran Anda. “Menjadi jelas tentang kebutuhan Anda mencegah timbulnya kebencian.” tulisnya.

6. Berhentilah berusaha membuat satu orang memenuhi semua kebutuhanmu

Tidak ada satu orang pun yang bisa menjadi segalanya (secara emosional) bagi Anda. Anda membutuhkan kepedulian masyarakat yang berarti menemukan orang untuk mendukung Anda dalam berbagai aspek.

7. Berhenti menuntut agar orang menghormati batasan Anda sementara Anda tidak menghormati batasan mereka

Batas adalah bagian yang sehat dari hubungan di kedua sisi, karena itu hormatilah batasan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hubungan Relationship
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top