Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Relationship

Kunci Utama Bangkit dari Pandemi Covid-19 Menurut Psikolog

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 1 Juli 2021 - 22:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Resililiensi dinilai menjadi salah satu cara seseorang untuk menghadapi dan bangkit dari pandemi covid-19 menurut psikolog.

Resiliensi sendiri adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan bangkit kembali setelah mengalami kejadian yang penuh dengan tekanan, tragedi dan trauma.

Deputi IV Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Dr. Femmy Eka Kartika Putri, M. Psi. mengatakan keluarga merupakan pondasi yang penting dalam meningkatkan resiliensi bangsa ini.

"Jadi, keluarga diharapkan bertahan dan bangkit dari tantangan yang ada. Keluarga merupakan lingkungan terkecil yang mampu mengubah situasi danmenjadi pemicu untuk berkembang ke arah positif. Oleh karena itu, penting betul posisi keluarga dalam membangun resiliensi bangsa Indonesia ini.” ujarnya Dies Natalis Fakultas Psikologi Indonesia ke-61 dikutip dari keterangan tertulis.

Sementara itu, “Tema ‘Resiliensi untuk Negeri’ dalam Dies Natalis ini dipilih selaras dengan apa yang menjadi visi ILUNI UI Fakultas Psikologi, yaitu mewujudkan Alumni yang Adaptif dan Resilien. Alumni Psikologi UI yang tersebar memiliki peran kunci untuk menjadi jembatan penguat resiliensi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,.

Ketua Panitia Dies Natalis Psikologi UI Ke-61 Isdar Andre Marwan SPsi Psikolog berharap Psikologi UI bisa mempunyai dampak keilmuan dan keahlian untuk masyarakat. Bangsa ini membutuhkan sikap mental untuk bangkit kembali menghadapi situasi penuh tekanan.”

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, MA, Psikolog juga mengatakan, tema ini dipilih agar Fakultas Psikologi UI semakin aktif berkontribusi membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya resiliensi dalam situasi yang sulit.

Tujuannya tergambarkan dalam 6 kegiatan yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, yaitu: 1. Riset Resiliensi di Indonesia, 2. Psiko Run, 3. Acara Puncak Dies Natalis, 4. Webinar Resiliensi, 5. Pelatihan Resiliensi, 6. Festival Resiliensi.

Kegiatan Webinar Resiliensi akan menjelaskan tentang temuan riset Resiliensi, Pelatihan Resiliensi yang dilakukan secara terbatas merupakan bentuk intervensi bagaimana menumbuhkan resiliensi tersebut.

Berbeda dari dua kegiatan sebelumnya, PsikoRUN merupakan kegiatan olahraga yang bertujuan untuk mengumpulkan dana beasiswa bagi teman-teman mahasiswa F.Psi UI dan membantu karyawan F.Psi UI serta masyarakat sekitar yang terdampak COVID19.

Sedangkan Festival Resiliensi merupakan kegiatan pemberian pengakuan dan penghargaan untuk para individu, komunitas dan organisasi yang telah mengembangkan resiliensi mereka di masa pandemi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro