Tampilan situs telemedicine Halodoc, yang menyediakan layanan konsultasi dan pemberian obat gratis bagi pasien terkonfirmasi Covid-19./Halodoc.com
Health

Update Terbaru Cara Telemedicine dan dapat Obat Gratis Pasien Covid-19 Isoman

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 7 Juli 2021 - 10:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah baru saja membuat kebijakan bagi para pasien Covid-19 gejala ringan untuk isolasi mandiri di rumah.

Kemenkes bersama 11 layanan telemedicine akan membantu para pasien Covid-19 gejala ringan untuk lakukan isolasi mandiri di rumah.

Pihak Kemenkes akan mendistribusikan obat-obatan dan layanan telemedicine akan memberikan layanan telemedicine secara gratis.

Sebagai tahap awal, layanan ini baru di berikan di Dki Jakarta. Obat akan disiapkan oleh Kimia Farma yang nantinya akan di kirim oleh Sicepat Express ke rumah pasien.

Menteri Kesehatan RI,Budi Gunadi Sadikin mengatakan dengan layanan telemedicine ini semua pasien Covid-19 konfirmasi
positif mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antre di RS.

"Dengan demikian layanan rumah sakit dapan diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat atau kritis," ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu ( 7/7/2021).

Berikut tata cara yang benar bagi pasien Covid-19 yang isoman di rumah untuk dapatkan layanan telemedicine dan obat secara gratis :

1. Pasien melakukan tes PCR atau swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI.

Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif Covid-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari  Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Catatan: Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan test Covid- 19 ke Kementerian Kesehatan.

2. Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedicine secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukan kode voucher di aplikasi yang dipilih.

Catatan: Daftar lengkap telemedisin yang bergabung dalam program ini
dapat dicek di halaman

3. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan. Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika asien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

4. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma.

Pasien harus mengirimkan resep digital yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.

5. Obat atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman Sicepat Express dari untuk mengambil obat atau vitamin dari Apotek
Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro