Siti Fadilah Supari /Antara-Rivan Awal Lingga
Health

Siti Fadilah: Ekonomi, Covid-19, Hingga Vaksin untuk Sakit Jantung

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 8 Juli 2021 - 16:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siti Fadilah, mantan Menteri Kesehatan, menjelaskan mulai dari ekonomi, herd immunity dalam Covid-19, dan rencana sebelumnya dalam meneliti vaksin untuk sakit jantung.

Melalui YouTube Video Podcast Deddy Corbuzier yang diunggah pada hari Kamis (08/07/21), Siti Fadilah menjelaskan mengenai berbagai fenomena termasuk dari Covid-19.

Melihat dari fenomena Covid-19 yang berdampak bagi ekonomi negara, Dr. Siti Fadilah yakni mantan Menteri Kesehatan, berpendapat bahwa ekonomi harus tetap berjalan namun harus tetap waspada.

Dr. Siti Fadilah, menjelaskan bahwa vaksin yang dilakukan di Indonesia juga bukan untuk melindungi secara perorangan, yakni dengan tujuan untuk herd immunity.

Dilansir dari organisasi kesehatan dunia (WHO) menjelaskan herd immunity sebagai population immunity, yakni perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi yakni melalui vaksinasi atau bentuk kekebalan melalui infeksi sebelumnya. Dalam kasus Covid-19, menurut WHO herd immunity dicapai melalui vaksinasi.

“Rencananya pemerintah akan memvaksinasi 181 juta (warga negara indonesia). Sedangkan kita ada 270 juta (total warga negara di Indonesia) dan ada 90 juta yang tidak perlu divaksin” Ucap Siti.

Jumlah dari warga negara yang divaksinasi sesuai dengan ketentuan herd immunity, yakni jika sebanyak 70% maka diasumsikan bahwa penyebaran dari virus dapat berkurang, atau dapat berhenti.

“70% dari satu populasi itu sudah divaksin. Itu teori mereka, namun saya belum pernah melihat. Mudah-mudahan kita bisa melihat dari itu bisa menghilang. Yang penting ekonomi harus mulai berjalan mulai dari sekarang, jangan besok dan besok lagi” Ucapnya.

Siti Fadilah melalui video podcast tersebut, juga menjelaskan mengenai ketakutan Covid-19.

“Ketakutan lebih bahaya dibanding virus. Angka bunuh diri naik, angka perceraian naik, belum juga anak-anak sekolah di rumah”

Ketika ditanyakan mengenai apakah pandemi ini dapat berulang, Siti menjawab bahwa harus bersiap. Hal ini yakni dengan menjaga imun pada tubuh, yakni dengan menjaga pola makan sehat, berolahraga, ataupun memanfaatkan dari obat-obatan alami seperti jamu-jamuan.

Siti Fadilah juga menjelaskan mengenai rencana sebelumnya untuk melakukan penelitian dalam membuat vaksin untuk sakit jantung sebelum menjadi Menteri Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro