Ilustrasi/Healthcontractor
Fashion

Bahaya, Jangan Coba-coba Pakai Ini di Wajah Anda

Ni Luh Anggela
Kamis, 8 Juli 2021 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Untuk merawat dan mendapatkan kulit wajah yang sehat, tak jarang beberapa dari Anda mencoba untuk membuat skincare sendiri berdasarkan informasi yang Anda temukan, baik dari buku maupun internet.

Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemui, sehingga membuat Anda semakin penasaran untuk mencobanya.
 
Akan tetapi tahukah Anda terdapat bahan-bahan yang tidak baik jika dioleskan pada wajah?
 
Dr Arthur S. Simon, SpKK membagikan lima bahan yang tidak boleh digunakan pada kulit wajah karena dapat berdampak buruk, mulai dari membuat kulit menjadi kering hingga melepuh.  
 
1. Baking Soda

Baking soda atau natrium bikarbonat sering digunakan untuk membuat adonan kue mengembang dengan cara menghasilkan karbondioksida. Beberapa informasi yang beredar terkadang menyarankan baking soda untuk mengatasi jerawat pada wajah.
 
Jika dilihat dari pH, baking soda memiliki pH 8 sedangkan kulit normal memiliki pH antara 4 hingga 7. Level pH netral adalah 7. Segala sesuatu di bawah angka 7 dianggap asam atau acidic sedangkan di atas angka 7 dianggap alkali atau non-acidic.
 
Secara natural, kulit seseorang ada pada sisi asam karena keasaman tersebut digunakan kulit untuk melawan mikroba dan hal-hal lain yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.
 
“Kalau baking soda dengan pH 8 nya itu digunakan pada wajah, maka dapat mengurangi kandungan air pada kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering,” jelas dr Arthur melalui laman Instagramnya, Kamis (8/7/2021).
 
2. Lemon, jeruk dan segala jenis jeruk lainnya

Lemon dan segala jenis jeruk lainnya memang mengandung asam sitrat atau citric acid. Meski kulit berada pada sisi asam, tetapi lemon dan jenis jeruk lainnya memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membuat wajah Anda iritasi dan kering.
 
Jenis lemon-lemonan juga mengandung zat yang dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap matahari dan membuatnya mudah terbakar.
 
3. Bawang

Selain digunakan untuk memasak, bawang putih seringkali digunakan sebagai masker wajah. Banyak orang percaya masker bawang putih dapat membantu penanganan jerawat.
 
“Hasilnya? Banyak pasien yang datang di klinik dengan kulit wajah teriritasi sampai seperti terbakar,” katanya.
 
Kandungan bawang putih yang bernama Allicin memiliki sifat yang mirip dengan air dan minyak. Karena memiliki sifat ini, Allicin bisa menembus pertahanan kulit Anda, masuk dan masuk lewat pembuluh darah serta bisa kemana saja.
 
Allicin yang dengan mudah melewati pertahanan kulit berarti juga dengan mudah dapat menyebabkan iritasi. Maka dari itu, dr Arthur tidak merekomendasikan bawang putih (termasuk bawang merah) untuk digunakan sebagai masker wajah.
 
4. Pasta gigi

Pasta gigi seringkali dianggap dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, termasuk mengeringkan dan menghilangkan jerawat. Beberapa juga menggunakan pasta gigi untuk dioleskan pada bagian yang terkena air panas. Padahal, menurut dr Arthur, pasta gigi dapat menyebabkan kulit kering dan mengiritasi kulit.
 
“Pasta gigi pada umumnya terdapat fluoride, nah buat yang sensitif dengan fluoride juga malah bisa bikin merintisan di sekitar mulut,” jelas dr Arthur.
 
5. Gula

Anda sering menggunakan gula untuk scrubbing kulit? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Tekstur gula terlalu kasar untuk digosokkan ke kulit dan akan membuat kulit Anda teriritasi bahkan luka lecet. Tidak masalah jika Anda aplikasikan ke bibir sebagai scrub bibir, namun pastikan untuk tidak menggosoknya dengan keras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro