Pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun/Instagram Pemprov DKI Jakarta
Health

Terpaksa Bawa Anak Ke Luar Rumah Saat Pandemi? Simak Tips Berikut

Sartika Nuralifah
Rabu, 14 Juli 2021 - 14:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak awal pandemi, corona virus telah memengaruhi orang dewasa dan anak-anak baik secara fisik maupun mental.

Meskipun pada awalnya anak-anak kurang rentan terhadap virus SARs-COV-2, pada gelombang kedua terjadi lonjakan tiba-tiba dalam jumlah besar pada anak-anak.

Tidak berbeda dengan orang dewasa, sebagian anak-anak juga menderita gejala, adapula beberapa anak dengan tanpa gejala.

Nah, untuk menghindari tertularnya anak sebaiknya Anda tetap di rumah saja. Namun jika Anda terpaksa keluar rumah, berikut panduan yang harus Anda perhatikan

1. Mendidik Anak Anda Tentang Kemungkinan Risiko Infeksi

Penting bagi kita untuk mendidik anak-anak tentang pandemi dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu. Dengan cara ini, kita dapat menahan dampak negatif virus secara efisien dan juga menjaga anak-anak kita aman.

2. Jangan Biarkan Anak-Anak Anda Menyentuh Sembarangan

Virus SARs-COV-2 adalah penyakit menular. Dikatakan menyebar melalui kontak dan juga dari permukaan yang terkontaminasi. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk meminta anak-anak Anda menyentuh barang-barang saat berada di luar rumah. Jangan biarkan mereka menyentuh segala sesuatu dan pantau gerakan mereka untuk membantu mencegah tertular virus.

3. Ajarkan Untuk Menggunakan Hand Sanitizer

Selain mencuci tangan, pembersih tangan bisa sangat berguna ketika Anda dan anak-anak Anda berada di luar rumah. Ini dapat membersihkan tangan Anda dan juga menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, anak-anak dapat menyentuh permukaan dan benda yang terkontaminasi atau terinfeksi, yang dapat menyebabkan infeksi. Untuk menghindarinya pastikan anak-anak Anda mencuci tangan secara teratur atau menggunakan hand sanitizer.

4. Hindari Tempat Ramai. Pastikan Memakai Masker

Penting untuk dicatat bahwa membatasi perjalanan dan tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk menahan penyebaran virus. Inilah yang dapat melindungi Anda dan anak-anak Anda dari infeksi. Namun, jika harus ke luar rumah, hindari pergi ke tempat ramai dan pastikan Anda dan anak menggunakan masker.

5. Kurangi Intensitas Berkegiatan di Luar

Pandemi belum berakhir dan anak-anak masih rentan terhadap infeksi, mengingat mereka masih belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin COVID. Jadi sampai dampak virus mereda dan bahaya berkurang, dorong anak Anda untuk tetap berada di dalam rumah selama masa krisis seperti itu. Mengingat bahwa virus tidak menyayangkan siapa pun, jangan biarkan anak-anak Anda bermain di luar ruangan, lebih baik atur permainan dalam ruangan yang menyenangkan yang mungkin membuat mereka terganggu.

#satgascovid19 #pakaimasker #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua #ingatpesanibu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro