Gunkanjima di Nagasaki
Travel

7 Tempat Terbengkalai dan Menakutkan di Dunia

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 28 Juli 2021 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seringkali ada keheningan yang menakutkan mengelilingi tempat-tempat yang telah ditinggalkan. Ada energi unik yang seolah berbicara untuk menarik rasa penasaran dari tempat tak berpenghuni.

Dari bekas pulau industri hingga monumen istimewa yang terlupakan oleh waktu, tempat-tempat ini menarik dan menggairahkan bagi si petualang.

Dilansir dari lonelypalnet, Rabu (28/7/2021) Inilah tujuh tempat terbengkalai yang menakjubkan di seluruh dunia :

1. Gunkanjima di Nagasaki, Jepang

Dikenal sebagai Pulau Kapal Perang atau dalam bahasa Jepang disebut Gunkanjima karena bentuknya yang khas menyerupai kapal perang dari samping.

Pulau tersebut adalah bekas pemukiman penambangan batu bara laut dalam di lepas pantai Nagasaki yang didirikan pada akhir 1800-an. Pulau seluas 16 hektar ini pernah menjadi rumah bagi lebih dari 5.000 pekerja dan keluarga mereka sebelum ditutup untuk selamanya.

Saat ini pulau tersebut penuh dengan reruntuhan bangunan yang terkena cuaca, rumput yang ditumbuhi rumput, dan elang Jepang yang berputar-putar di atas kepala. Meskipun berada dalam kondisi reruntuhan, jalur tur tersedia dari pelabuhan Nagasaki dengan pagar logam dan jalan setapak dipasang di sepanjang area yang aman untuk dilalui.

2. Pripyat, Ukraina utara

26 April 1986 terukir dalam memori global ketika Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl mengalami kecelakaan dahsyat yang mengakibatkan evakuasi hampir 50.000 orang. Pripyat kala itu berfungsi sebagai basis bagi banyak pekerja dan keluarga.

Hari ini zona eksklusif itu seperti kota hantu, dengan wahana pasar malam, rumah sakit, rumah dan sekolah yang terbengkalai karean ditinggalkan ketika kehancuran terjadi. Terlepas dari kenyataan bahwa tingkat radiasi masih lebih tinggi dari biasanya, tur resmi tersedia di sekitar zona yang dianggap aman.

Pengunjung juga diminta untuk menghormati dan berhati-hati saat datang.

3. Kepala Presiden di Virginia, AS

Di tengah lapangan yang tampak biasa-biasa saja di Croaker di Virginia, berdiri sesuatu yang sama sekali tidak terduga. Ada 43 patung Presiden AS yang masing-masing berdiri setinggi hampir 20 kaki. Patung-patung itu pernah dipajang di Presidents Park yang sekarang ditutup di Colonial Williamsburg.

Tetapi pemilik properti Howard Hankins mengambilnya kerena tidak tahan melihat patung-patung itu hilang dari catatan sejarah.

Kepala yang telah ditinggalkan sejak itu kini mendapatkan kehidupan baru, dan pengunjung dapat menjalankan tur dan jalan-jalan foto ke lokasi tersebut sepanjang tahun.

4. Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Timur di Pennsylvania, AS

Pernah menjadi salah satu penjara paling terkenal di dunia yang menyimpan penjahat terkenal Al Capone di sel mewah, Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Timur sekarang berdiri dalam keadaan hancur.

Dengan sayap bobrok dan menara penjaga yang ditinggalkan menjadi wujud menyeramkan tempat tersebut. Meskipun demikian, tur di izinkan dan lembaga pemasyarakatan buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 5 sore. Situs ini juga mencakup informasi tentang sistem penjara Amerika dan instalasi seni saat ini, dan tiket dapat dibeli secara online.

5. Oradour-Sur Glane, Prancis

Kota kecil yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Limoges ini merupakan lokasi salah satu kejahatan perang terburuk yang dilakukan oleh Nazi di Prancis. Saat itu pasukan Jerman masuk dan membantai 642 orang, termasuk 193 anak-anak. Hanya satu wanita dan lima pria yang berada di kota pada hari itu yang selamat. Kota itu tidak tersentuh, dengan jalur trem sebelum perang dan saluran listrik masih terpasang di samping badan mobil yang berkarat.

Hari ini situs tersebut diakses melalui Center de la Mémoire. Dengan menggunakan tampilan multimedia dan kesaksian para penyintas, tempat itu memberikan konteks dan memberikan penghormatan kepada para korban. Oradour-Sur Glane berdiri sebagai pelajaran yang menakutkan tetapi penting dalam sejarah.

6. Stasiun Dorasan, Korea Selatan

Bangunan ini berdiri beberapa ratus meter dari batas selatan Zona Demiliterisasi atau perbatasan Korea. Stasiun ini merupakan simbol dari masa depan yang mungkin suatu hari melihat semenanjung Korea bersatu kembali. Stasiun ini biasanya termasuk dalam tur yang dijalankan oleh berbagai perusahaan di daerah tersebut.

Meskipun masih menjadi stasiun, namun perlu waktu yang lama untuk naik kereta di sana. Itu karena letaknya yang berada di zona ketengan Korea Utara dan selatan. Maka tidak banyak yang datang ke sana.

7. Desa nelayan Houtouwan di Cina

Terletak sekitar 40 mil dari Shanghai, Houtouwan pernah menjadi desa nelayan yang berkembang. Saat itu komunitas lokal membangun rumah yang mengesankan di atas lereng gunung yang menghadap ke teluk. Namun, edakan ekonomi tahun 1980-an menyebabkan upah dan peluang yang lebih baik semakin jauh, dan desa itu akhirnya ditinggalkan oleh 3.000 penduduknya.

Saat ini desa tersebut menjadi tempat yang populer bagi wisatawan, fotografer, dan pelancong harian yang pergi ke sana untuk melihat tanaman hijau subur dan vegetasi yang sepenuhnya menguasai area tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro