Anak olahraga/ilustrasi
Health

Kiat Agar Anak Tidak Mager Selama di Rumah Aja

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 29 Juli 2021 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mager atau malas gerak tak hanya menyerang orang dewasa saja, namun anak juga.

Malas gerak di era pandemi justru akan membuat anak kurang produktif, bahkan bisa membuat metabolisme menjadi lemah. Padahal, selama pandemi ini setiap orang harus memiliki metabolisme yang kuat agar daya tahan tubuh selalu terjaga dan terhindar dari virus Covid -19.

Namun meskipun hanya di rumah saja bukan berarti anak tak bisa beraktivitas. Anak juga perlu lakukan olahraga meskipun hanya di rumah aja.

Sport Nutritionist, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Ke mengatakan olahraga sangat kaya manfaat. Bukan hanya untuk tumbuh kembang dan membuat anak lebih tangguh di masa pandemi saja, namun juga untuk meningkatkan prestasi belajar anak.

“Olah raga yang benar, baik, terukur dan teratur baik ituk perkembangan fisik yang pada akhirnya bermanfaat pada prestasi belajar,” ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis(29/7/2021).

Rita menjelaskan, jika dengan olahraga maka oksigenasi jaringan tubuh meningkat, kemudian Kekuatan kontraksi otot meningkat termasuk otot jantung.

Ambilan Oksigen maksimal (VO? Max) kardiorespiratori dan musculoskeletal juga meningkat. Tak hanya itu, dengan olahraga metabolisme hormonal anak akan lebioh efisien dan optimal

Kapasitas fisik atau kebugaran jasmani meningkat. Karena daya tahan anak untuk belajar meningkat dan jadi tidak mudah lelah. Dengan begitu kemampuan daya serap pelajaran juga meningkat.

Olahraga juga baik untuk pencernaan anak. Setiap aktivitas fisik akan menstimulasi aktivitas di dalam saluran pencernaan, sehingga microbiota berkembang dengan baik dan anak bisa mencerna makanan dengan baik.

Meskipun hanya di rumah saja, dengan berolahraga terjadi peningkatan metabolism energi untuk melawan proses inflamasi kronis. Kemudian meningkatkan hormone endorphin yang mempengaruhi mood anak. Terutama untuk mencegah peningkatan hormone stres yang mempengaruhi imunitas anak.

Namun kurangnya asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung aktivitas hariannya seperti belajar dan olahraga masih mejadi tantangan yang dihadapi anak Indonesia

“Kurangnya aktivitas fisik anak akibat adanya pembatasan kegiatan di luar rumah juga menjadi tantangan lainnya yang dihadapi selama pandemi. Orang tua berperan penting untuk memberikan nutrisi yang seimbang sekaligus terus memotivasi anak untuk bergerak aktif walaupun di rumah saja demi menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal,” tutup Rita.

Kini Nestlé Milo meluncurkan platform Milo Activ Academy, yang menawarkan beragam program olahraga yang bisa diikuti anak saat di rumah. Bahkan, tidak perlu biaya atau gratis untuk mengaksesnya.

Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestlé Indonesia, Mirna Tri Handayani menjelaskan jika Milo Activ Academy merupakan platform edukasi olahraga online yang dihadirkan untuk membangkitkan semangat olahraga anak Indonesia terutama di tengah pandemi. Dengan begitu anak dapat bergerak aktif di rumah saja.

“Hal ini sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) yang merekomendasikan agar anak-anak dan remaja melakukan paling sedikit satu jam kegiatan fisik setiap hari dan membatasi waktu di depan layar elektronik, Disamping itu, olahraga merupakan guru terbaik bagi anak untuk dapat belajar mengenai nilai-nilai kehidupan seperti percaya diri, pantang menyerah, sportivitas, dan kerja sama tim, sehingga membantu membentuk karakter tangguh anak,” ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (29/7/2021)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro