Botol vaksin Sputnik V Covid-19. /Bloomberg
Health

Vaksin Covid-19 Sputnik V Dicampur AstraZeneca, Begini Hasilnya

Newswire
Sabtu, 31 Juli 2021 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia melakukan uji coba mencampur dosis pertama vaksin Covid-19 Sputnik V dengan AstraZeneca.

Hasilnya tidak ada efek samping yang serius dan para sukarelawan tidak terinfeksi Virus Corona.

Menurut lembaga Russian Direct Investment Fund atau RDIF, uji coba melibatkan 50 orang yang dimulai di Azerbaijan pada Februari 2021.

RDIF adalah lembaga yang bertanggung jawab atas pemasaran vaksin Sputnik V di luar negeri. Hasil lengkap uji coba, termasuk data tentang respons imun yang dihasilkan oleh vaksin kombinasi akan dipublikasikan bulan depan.

Sputnik V dan AstraZeneca adalah vaksin vektor virus yang didasarkan pada dosis pertama diikuti oleh booster.

Tembakan vektor virus tersebut menggunakan virus modifikasi yang tidak berbahaya sebagai vektor, untuk membawa informasi genetik yang membantu tubuh membangun kekebalan terhadap infeksi di masa depan.

Dosis pertama Sputnik V didasarkan pada adenovirus tipe 26, sedangkan vaksin Covid-19 AstraZeneca, yang dikembangkan bersama dengan Universitas Oxford, menggunakan vektor adenovirus simpanse.

Rusia pada hari Senin (25/7/2021), memberi lampu hijau untuk uji klinis yang menggabungkan suntikan AstraZeneca dan Sputnik V di lima klinik Rusia.

Sebelumnya, vaksin AstraZeneca juga dicampur dengan vaksin Pfizer.

Dalam penelitian di Korea Selatan, AstraZeneca pada suntikan pertama dan Pfizer untuk suntikan kedua, mampu meningkatkan antibodi hingga enam kali lipat melawan Covid-19.

Penelitian ini melibatkan 499 pekerja medis. Sebanyak 100 orang telah menerima dosis campuran dan 200 orang menerima dua dosis suntikan Pfizer-BioNTech. Sedangkan, sisanya mendapatkan dua suntikan AstraZeneca.

Hasilnya menunjukkan vaksin campuran menghasilkan antibodi penetralisir serupa dengan yang ditemukan di kelompok penerima dua suntikan vaksin Pfizer.

Penelitian di Inggris bulan lalu juga menunjukkan hasil yang sama. Vaksin AstraZeneca pada suntikan pertama, diikuti oleh Pfizer menghasilkan respons sel T paling baik.

Respons antibodi yang dihasilkan lebih tinggi daripada Pfizer yang diikuti oleh AstraZeneca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro