10 Waralaba Film Non-Aksi Terlaris Sepanjang Masa
Entertainment

Ini Dia 10 Waralaba Film Non-Aksi Terlaris Sepanjang Masa! dari Shrek sampai Barbie

Mutiara Nabila
Rabu, 1 Mei 2024 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak butuh waktu bertahun-tahun bagi industri perfilman, khususnya di Hollywood untuk melihat manfaat dari waralaba atau franchise film. 

Bagi studio, franchise merupakan pendekatan yang sangat menguntungkan dan relatif aman dalam pembuatan film.  

Sementara, bagi penonton, franchise bisa menjadi kumpulan film menyenangkan yang membuat Anda mudah jatuh cinta dengan karakternya, merasa tenggelam dalam dunianya, dan memiliki film yang dinanti-nantikan setiap beberapa tahun.

Sebagian besar franchise film terlaris dalam sejarah adalah film aksi. Namun, kadang-kadang, muncul waralaba yang berada di luar genre namun tetap menghasilkan keuntungan yang sama.  

Dari film animasi ikonik seperti Frozen hingga film fantasi sukses seperti Twilight Saga, serial film ini membuktikan bahwa penonton tidak hanya haus akan aksi yang memacu adrenalin, tetapi juga cerita apa pun yang menghibur, diceritakan dengan baik, dan berkesan.

Melansir Collider, berikut ini 20 waralaba film non-aksi terlaris dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa:

10. 'Barbie' (2002-Sekarang)

Akumulasi Box Office Seluruh Dunia: US$1,43 miliar

Meskipun memiliki lebih dari tiga puluh film di waralabarnya, sebagian besar seri Barbie adalah rilisan video, dengan hanya mencantumkan informasi untuk lima rilisan filmnya. 

Sebagian besar keuntungan waralaba di seluruh dunia berasal dari fenomena budaya pop besar-besaran Barbie, yang dibintangi Margot Robbie sebagai boneka tituler.

Meskipun setiap film teatrikal Barbie memiliki penggemarnya masing-masing, bintang pertunjukan yang tak terbantahkan dalam katalog ini adalah revisi feminis 2023 dari semua karakter tituler yang diwakilinya. 

Film ini adalah komedi berbasis karakter yang sangat bersemangat, penuh warna, dan hidup yang akan mengejutkan dan memuaskan setiap penggemar Barbie dan bahkan mereka yang tidak peduli sama sekali tentangnya.  

9. Duologi 'Finding Nemo' (2003-2016)

Akumulasi Box Office Seluruh Dunia: US$1,96 miliar

Mungkin sedikit mengejutkan bahwa dengan hanya dua kali seri, franchise Finding Nemo adalah salah satu franchise Pixar yang paling menguntungkan.  

Raksasa animasi ini telah memproduksi beberapa serial film paling ikonik yang pernah disaksikan oleh media, dan ini adalah salah satu yang paling populer. 

Dalam Finding Nemo, salah satu film animasi terhebat sepanjang masa AFI, seekor ikan badut yang pemalu memulai perjalanan melalui perairan Australia untuk menemukan putranya yang ditangkap. Dalam sekuelnya, Finding Dory, ikan biru pelupa mencari orang tuanya yang hilang.

Sangat mengharukan dan menawan secara visual, dua petualangan bawah air ini merupakan salah satu tamasya paling ikonik di Pixar karena suatu alasan.  

'Finding Nemo' menghasilkan hampir satu miliar dolar dan memenangkan Oscar untuk Film Animasi Terbaik, sementara Finding Dory melampaui angka miliaran dolar yang didambakan, didukung oleh nostalgia melihat karakter-karakter ini lagi lebih dari satu dekade kemudian.  

Penonton di seluruh dunia jatuh cinta dengan keluarga cantik ini dan menunjukkan kasih sayang mereka di box office.

8. 'Madagascar' (2005-2014)

Akumulasi Box Office Seluruh Dunia: US$2,27 miliar

Waralaba film terlaris ketiga DreamWorks Animation, serial Madagascar, mengikuti tim penuh warna yang terdiri dari empat hewan yang menghabiskan hampir seluruh hidup mereka di Kebun Binatang Central Park.  

Setelah mereka secara tidak sengaja berakhir di hutan Madagaskar, mereka harus menjalani petualangan menjelajahi dunia untuk kembali ke rumah, menghadapi berbagai macam teman dan musuh dalam perjalanan.

Serial ini memiliki beberapa penjahat terbaik DreamWorks, serta empat protagonis terbaik mereka dan banyak lelucon yang sangat mengesankan. 

Trilogi Madagaskar dan spin-off petualangan mata-matanya, The Penguins of Madagascar, meraih kesuksesan besar berkat selera humor mereka yang menawan, karakter yang menyenangkan, dan premis yang sangat orisinal. 

Film-film tersebut menghibur tanpa henti baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, jadi tidak sulit untuk memahami mengapa mereka menghasilkan begitu banyak uang di box office internasional.

7. 'The Conjuring'  (2013-Sekarang)

Akumulasi Box Office Seluruh Dunia: US$2,37 miliar

Waralaba film horor sering kali tidak menghasilkan keuntungan seperti genre lainnya, jadi agak mengejutkan betapa banyak uang yang dihasilkan oleh waralaba horor terlaris, 'The Conjuring Universe'.  

Dengan tiga angsuran arus utama berdasarkan pengalaman nyata pakar paranormal Ed dan Lorraine Warren, serta lima spin-off dengan tingkat kesuksesan yang berbeda-beda, serial film ini akan tetap ada.

Meskipun tak satu pun dari franchise ini yang berhasil melampaui angka US$400 juta dolar, banyaknya film dan kesuksesan moderat mereka telah memastikan properti yang sangat menguntungkan bagi Warner Bros. 

Dalam kondisi terbaiknya, film-film Conjuring secara tak terduga dibuat dengan baik dan benar-benar menakutkan. Bahkan dalam kondisi terburuknya, mereka tidak pernah gagal untuk menghibur dan menyeramkan serta membangkitkan percakapan.  

Orang selalu dapat mengandalkan mereka untuk bersenang-senang di teater, dan penonton jelas masih terus menonton mereka.

6. Waralaba 'Lion King' (1994-Sekarang)

Akumulasi Box Office Seluruh Dunia: US$2.632.300.562

Dengan hanya dua film teatrikal dan tiga sekuel direct-to-video, serial Lion King tidak perlu diperkenalkan lagi. Film asli yang dirilis pada 1994 secara luas dianggap sebagai salah satu film animasi terbaik dan paling revolusioner sepanjang masa.  

Setelah itu, pembuatan ulangnya pada 2019 dengan judul yang sama tidak begitu terkenal, tetapi masih menghasilkan lebih dari US$1,5 miliar di seluruh dunia.  

Keduanya adalah kisah tentang Simba, seorang pangeran anak singa muda yang diasingkan dari kerajaannya oleh pamannya yang penipu, yang membunuh raja demi mendapatkan takhta bagi dirinya sendiri.

Film Lion King memiliki animasi yang sangat mengesankan, cerita yang mencekam, dan skor yang luar biasa dari hasil tangan Hans Zimmer yang hebat. Penonton jarang gagal menunjukkan ketertarikannya pada film-film Disney, namun keduanya meraih kesuksesan besar di semua generasi di seluruh dunia.  

Sekalipun tingkat kualitas mereka biasanya dianggap sangat berbeda, namun kesuksesan finansial mereka tidaklah demikian. The Lion King adalah salah satu film yang menonjol bagi Disney, bahkan di antara film klasik, hingga mungkin menjadi yang terbaik dari Disney.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro