Harimau Sumatra/WWF
Health

Harimau Ragunan Positif Covid-19, Daftar Hewan Bisa Terinfeksi Virus Corona

Aprianus Doni Tolok
Jumat, 6 Agustus 2021 - 10:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua harimau Sumatra yang berada di Taman Margasatwa Ragunan tertular Covid-19. Hal ini membuktikan bahwa Virus Corona bisa menjangkiti satwa selain manusia.

Kandidat PhD di Universitas Kobe Jepang, dr. Adam Prabata menyampaikan bahwa beberapa satwa atau hewan bisa tertular Covid-19.

Dikutip dari unggahan di akun Instagram @adamprabata, Rabu (4/8/2021), hewan-hewan tersebut adalah harimau, singa, kucing, anjing, gorila, kelelawar buah, cerpelai, hingga rusa ekor putih.

Namun, kata Adam, potensi transmisi penularan dari hewan ke manusia tergolong rendah.

Dijelaskan, bahwa penularan Virus Corona ke manusia diduga pertama kali dari hewan kalelawar. Dan, ada penularan Covid-19 dari cerpelai ke manusia di beberapa negara seperti Belanda, Denmark.

“Covid-19 bisa menular dari manusia ke hewan, dan menular antarhewan dengan spesies yang sama,” tulis Adam sebagai kesimpulan dalam unggahan di akun Instagram @adamprabata yang dipantau Jumat (6/8/2021).

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan hewan memiliki peran dalam penyebaran Covid-19 yang signifikan seperti saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro