Serangan jantung mendadak pada usia muda/ilustrasi
Health

Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Rika Anggraeni
Jumat, 13 Agustus 2021 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit jantung kerap muncul tiba-tiba dan bahkan dapat merenggut nyawa penderita. Pencegahan bisa dilakukan 

Meskipun penyakit jantung lebih sering menyerang usia di atas 60 tahun. Bukan berarti usia muda menyepelekan masalah kesehatan jantung.

Penyakit jantung di usia muda bisa terjadi akibat penerapan gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari jarang berolahraga, pola makan yang buruk, hingga kebiasaan yang tidak sehat untuk tubuh. Melansir dari The Heart Foundation, Jumat (13/8/2021), berikut ini 7 cara menjaga kesehatan jantung:

  1. Hindari rokok dan produk tembakau

Selain mengakibatkan penyakit kanker paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan masalah pada jantung, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit paru-paru kronis lainnya.

Merokok mungkin menjadi penyebab satu dari lima kematian akibat penyakit kardiovaskular. Rokok dapat merusak pembuluh darah dan jaringan jantung, menurunkan kolesterol baik (HDL), dan berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih, tenggorokan dan mulut, ginjal, leher rahim dan pankreas, dan juga terkait dengan resistensi insulin dan diabetes.

  1. Aktif secara fisik setiap hari

Jantung merupakan otot yang perlu bekerja secara teratur agar tetap kuat dan sehat. Jika Anda tidak membakar kalori, Anda akan menyimpannya sebagai lemak.

Cobalah berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Dengan berolahraga dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

  1. Makan makanan yang sehat

Diet sehat adalah salah satu cara terbaik untuk melawan penyakit kardiovaskular. Makanan ini mencakup biji-bijian, produk susu rendah lemak, ikan dan unggas tanpa kulit, kacang-kacangan dan polong-polongan dan berbagai buah-buahan dan sayuran.

Dalam studi Eropa melaporkan bahwa makan sebanyak 8 porsi sayuran dan buah-buahan per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 22 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 3 halaman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro