Ilustrasi vaksin AstraZeneca/istimewa
Health

AstraZeneca Akui Vaksin Miliknya Memberikan Efek Samping TTS, Bahayakah?

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 2 Mei 2024 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - AstraZeneca, perusahaan produsen vaksin covid-19, dalam dokumen pengadilan mengakui bahwa vaksin miliknya memliki efek samping.

Meskipun pihaknya mengklaim efek samping yang dihasilnya jarang terjadi. Merekajuga terancam dikenai denda 100 juta pound.

Dilansir dari The Telegraph, raksasa farmasi tersebut digugat dalam gugatan class action atas klaim bahwa vaksinnya, yang dikembangkan bersama Universitas Oxford, menyebabkan kematian dan cedera serius dalam puluhan kasus.

Vaksin AstraZeneca pun diklaim menimbulkan efek samping buruk pada sejumlah kecil keluarga.

Adapun kasus pertama diangkat pada 2023 oleh Jamie Scott, yang mengalami cedera otak permanen karena pembekuan darah dan pendarahan di otak setelah menerima vaksin pada April 2021.

AstraZeneca kemudian menentang klaim tersebut, tetapi telah menerima dalam dokumen hukum yang diserahkan ke Pengadilan Tinggi pada bulan Februari, bahwa vaksin Covid-nya “dapat, dalam kasus yang sangat jarang, menyebabkan sindrom Trombosis dengan Trombositopenia (TTS).

Mereka menyebut bahwa TTS juga bisa terjadi tanpa adanya vaksin AZ, dan penyebab dalam setiap kasus individu akan bergantung pada bukti ahli.

Total 51 kasus telah diajukan ke Pengadilan Tinggi, dengan korban dan keluarga yang menuntut ganti rugi hingga sekitar 100 juta poundsterling atau setara Rp 2 triliun.

Apa Itu Sindrom Trombosis dengan Trombositopenia (TTS)?

TTS atau Thrombosis with Thrombocytopenia Syndrome merupakan penyakit yang bisa menyebabkan orang mengalami pembekuan darah karena jumlah trombosit darah rendah.

Dilansir dari healthdirect.gov.au, TTS adalah sindrom yang sangat langka. Penyakit tersebut dapat terjadi ketika seseorang mengalami pembekuan darah (trombosis) dan jumlah trombosit yang rendah (trombositopenia). Penyakit ini juga disebut sebagai 'trombositopenia trombotik imun yang diinduksi vaksin' (VITT).

Trombosis adalah pembentukan bekuan darah, yang dapat mengurangi aliran darah normal di pembuluh darah yang terkena.

Trombositopenia adalah suatu kondisi dimana tidak terdapat cukup trombosit dalam darah. Trombosit biasanya membantu darah membeku (menggumpal), sehingga menghentikan pendarahan berlebihan (misalnya, jika Anda melukai diri sendiri).

Dilansir dari livemint, gejala TTS yang terjadi pada penderitanya bisa menyebabkan:

  • Sakit kepala yang parah atau terus-menerus
  • Penglihatan kabur
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Kaki bengkak
  • Sakit perut yang terus-menerus
  • Mudah memar atau bercak darah kecil di bawah kulit di luar tempat suntikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro