Kunyit bermanfaat untuk kesehatan/safebee.com
Health

6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Ithamar Yaomi DC
Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bumbu dapur seperti kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak. Selain menambah rasa dan warna pada berbagai jenis makanan, kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kunyit juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksi. Hal ini membuat kunyit tidak hanya untuk mencegah penyakit, tetapi juga mengobati kondisi kesehatan kronis yang sudah ada sebelumnya.

Baik di masa lalu maupun di masa sekarang, kunyit digunakan sebagai bumbu sekaligus ramuan obat. Salah satu senyawa terpenting dalam kunyit adalah kurkumin, yang memiliki andil atas sebagian besar manfaat kesehatan potensial kunyit. Tidak seperti rempah-rempah lainnya, ia dapat menyembuhkan banyak penyakit dan bermanfaat bagi Anda dalam berbagai cara.

Berikut adalah 6 manfaat kesehatan yang terbukti dari kunyit (kurkumin) yang harus Anda ketahui.

1. Antioksidan dan anti-inflamasi
Selama beberapa dekade, kunyit telah digunakan sebagai obat. Meskipun merupakan bumbu yang beraroma, ia mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu membersihkan tubuh dari semua racun berbahaya dan mencegah peradangan. Kurkumin dalam kunyit adalah salah satu bahan utama yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan senyawa obat yang unik, hal tersebut membuat tubuh tetap sehat dan melawan patogen mematikan.

2. Dapat mengobati infeksi virus
Di tengah pandemi Covid-19, menjadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Pilek dan flu adalah penyakit yang selalu hadir menyiksa hidup kita. Meskipun penyakit ini tidak seserius penyakit Covid-19, jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan serupa dan menyebabkan ketidaknyamanan yang serius.

Konon katanya, menyeruput teh kunyit atau menambahkan kunyit ke dalam susu dan meminumnya secara teratur dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dan menghindari semua kemungkinan bahaya infeksi virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro