Infeksi saluran kemih bisa diatasi dengan tindakan medis./ilustrasi
Health

Tips Cegah Infeksi Saluran Kemih Pasca Covid-19

Rika Anggraeni
Jumat, 20 Agustus 2021 - 19:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda merasakan sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil? Anda mungkin menderita infeksi saluran kemih (ISK), terutama bagi pasien pasca Covid-19. 

Infeksi saluran kecil merupakan infeksi kuman yang dapat menyerang saluran kencing seperti ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra.

Banyak pasien pasca Covid-19 yang mengeluhkan ISK akibat penggunaan steroid atau menderita diabetes yang tidak terkontrol. ISK pada pasien Covid-19 mungkin terjadi karena peradangan yang disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih.

Ahli Urologi di Apollo Spectra Mumbai, Dr Tarun Jain mengatakan bahwa seseorang yang merasakan gejala ISK harus sesegera mungkin mengambil tindakan medis.

Melansir dari Hindustan Times, Jumat (20/8/2021), berikut ini adalah gejala yang penderita rasakan dari infeksi saluran kemih:

  1. Sensasi terbakar saat buang air kecil.
  2. Urine keruh.
  3. Sering buang air kecil.
  4. Darah dalam urin.
  5. Demam.
  6. Sering buang air kecil.
  7. Urin berbau busuk.
  8. Sakit pinggang dan perut.
  9. Mual dan muntah

Dr Jain mengatakan bahwa wanita yang telah menerima steroid dan pria yang telah dikateterisasi selama perawatan untuk Covid-19 berisiko.

“Juga, meluasnya penggunaan antibiotik ditambah dengan steroid telah mengakibatkan ISK jamur yang merupakan kondisi langka sebaliknya," tambahnya.

Dr Jain memperingatkan bahwa ISK jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan radang ginjal atau sepsis. Untuk itu, Dr Jain menyarankan mengubah gaya hidup untuk menghindari ISK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro