Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Para Insomnia, Ini Trik Ala Militer Bikin Anda Tertidur dalam 2 Menit

Langkah terakhir adalah menjernihkan pikiran Anda selama sepuluh detik. Anda dapat melakukan ini dengan memperhatikan napas Anda saat bergerak melalui lubang hidung Anda atau menahan gambar statis di pikiran Anda.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  15:37 WIB
Ilustrasi wanita mengalami insomnia - Freepik.com
Ilustrasi wanita mengalami insomnia - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Tidur menjadi aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh, karena saat Anda tidur, tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak serta membuang zat-zat yang berbahaya. Selain itu, tidur yang cukup dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda.
 
Sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak dapat memiliki waktu tidur yang ideal. Ada  banyal hal yang menyebabkan Anda tidak dapat tidur lebih cepat seperti stres, cemas, hingga pola hidup yang tidak sehat. Kondisi ini tidak dapat dibiarkan, karena jika dibiarkan terlalu lama ini dapat merugikan tubuh Anda.
 
Lalu, bagaimana agar Anda dapat tertidur lebih cepat?
 
Sharon Ackman dari Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut AS mengembangkan metode ilmiah untuk membantu pilotnya tertidur. Melalui teknik ini, 96 persen pilot dapat tertidur dalam dua menit atau kurang.
 
Jika pilot dapat tertidur selama perang, Anda tentu dapat menggunakannya untuk mendapatkan waktu tidur yang ideal.
 
Melansir Up Worthy, Senin (23/8/2021), berikut cara melakukannya.

1. Langkah 1: Bersantai di kursi Anda

Mengingat pembatasan ruang pada pesawat biasa, pilot diajari untuk tidur dalam posisi duduk. Mereka meletakkan kaki mereka rata di tanah, sambil mengendurkan tangan mereka di pangkuan mereka.
 
Bernapaslah perlahan, ambil napas dalam-dalam sambil mengendurkan setiap otot di wajah Anda dan membiarkan dahi, pipi, mulut, lidah, dan rahang Anda menjadi rileks.
 
2. Langkah 2: Rilekskan tubuh bagian atas Anda

Biarkan bahu Anda turun serendah mungkin. Biarkan otot-otot di leher Anda menjadi lemas. Dimulai dengan sisi dominan Anda, biarkan bisep Anda terasa seperti terlepas dari tubuh Anda. Kemudian pindah ke lengan, tangan, dan jari Anda. Jika otot tidak rileks, hembuskan perlahan ketegangan Anda.
 
3. Langkah 3: Rilekskan tubuh bagian bawah Anda

Beri tahu otot paha kanan Anda untuk rileks, lalu turunkan kaki Anda, katakan hal yang sama pada betis, pergelangan kaki, dan kaki Anda. Kaki Anda akan terasa seperti tenggelam ke tanah. Kemudian lanjutkan ke kaki kiri Anda, dan lakukan hal yang sama.
 
4. Langkah 4: Kosongkan pikiran Anda

Langkah terakhir adalah menjernihkan pikiran Anda selama sepuluh detik. Anda dapat melakukan ini dengan memperhatikan napas Anda saat bergerak melalui lubang hidung Anda atau menahan gambar statis di pikiran Anda. Setelah tubuh Anda rileks dan pikiran Anda tenang, Anda harus menyelinap pergi ke dalam kegelapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

militer insomnia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top