Sakit kepala/boldsky.com
Health

11 Kondisi Kesehatan yang Harus Segera Dicek ke Dokter

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 26 Agustus 2021 - 21:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Banyak yang cenderung mengesampingkan hal sepele menyangkut kesehatan.

Padahal, jika terabaikan bisa membuat hal yang lebih buruk terjadi.

Beberapa gejala mungkin merupakan tanda dari sesuatu yang lebih serius, maka dari itu jangan abaikan dan harus segera temui dokter.

Dilansir dari womensweekly, Kamis (26/8/2021), berikut gejala kesehatan yang harus segera konsultasi dengan dokter:

1. Haid tidak normal

Pada sebagian besar kasus haid di antara periode atau perdarahan uterus disfungsional disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Pendarahan tersebut biasanya hilang dengan sendirinya, jika tidak, dokter mungkin akan meresepkan pil KB untuk memperbaikinya.

Pendarahan bisa menjadi tanda tumor, kista, fibroid, endometriosis, juga hipertiroidisme atau hipotiroidisme. Dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi kehamilan ektopik atau bahkan aborsi spontan.

2. Sakit perut kronis

Intoleransi laktosa, gluten, refluks dan alergi makanan lainnya adalah salah satu dari banyak kemungkinan penyebab sakit perut kronis. Bisa juga Irritable Bowel Syndrome (IBS), yang biasanya disebabkan oleh stres atau tubuh sedang kurangan serat.

Meskipun tidak menggangu perubahan dalam kebiasaan buang air besar, temui dokter segera sehingga dapat mencegah gastritis. Jika tidak diobati, gastritis dapat menyebabkan sakit maag dan ketika luka itu berdarah bisa mengancam nyawa.

3. Sakit punggung terus menerus

Perubahan degeneratif pada tulang belakang bisa jadi penyebabnya. Ini termasuk masalah diskus intervertebralis, kompresi saraf, penyempitan kanal tulang belakang dan patah tulang osteoporosis. Ini semua adalah kasus jinak, tetapi dapat mengakibatkan gangguan fungsional yang signifikan dan kualitas hidup yang lebih buruk.

Postur tubuh yang buruk, obesitas, stres berulang pada tulang belakang, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat memperburuk nyeri punggung.

Dalam kasus yang jarang terjadi, rasa sakit bisa disebabkan oleh infeksi, peradangan atau tumor tulang belakang.

Nyeri punggung juga bisa menjadi tanda peringatan untuk kondisi yang berpotensi mengancam nyawa termasuk infeksi ginjal, peradangan pankreas, aneurisma pembuluh darah dan kanker.

4. Benjolan kulit yang tidak dapat dijelaskan

Kista sebaceous bisa menjadi penyebabnya. Kista semacam itu biasanya jinak. Atau juga disebabkan oleh lipoma, tumor jinak yang terdiri dari jaringan adiposa.

Dalam kasus yang sangat jarang, bisa jadi liposarkoma, tumor ganas yang dimulai di jaringan lunak dalam, seperti paha, dan bisa tumbuh sangat besar.

5. Ruam yang tidak dapat dijelaskan

Kemungkinan besar penyebab adalah eksim atau alergi kulit. Ruam itu umumnya memudar setelah beberapa saat, meminta dokter mendiagnosis penyebab alergi tersebut adalah langkah paling tepat.

Jika ruam bertekstur datar dan berwarna keunguan terjadi pada buku-buku jari atau persendian jari jangan anggap sepele. Itu bisa menjadi dermatomiositis yaitu tanda kanker gastrointestinal. Jadi, segera periksakan ruam seperti itu segera.

6. Kesulitan bernapas

Asma dan kecemasan bisa menjadi faktor kesulitan bernapas.

Hal itu karena infeksi atau benda asing masuk ke dada atau bisa jadi adanya tumor jinak atau ganas.
Sebaiknya segera lakukan rontgen jika mengalami kesulitan bernapas saat berbaring. Itu bisa menjadi tanda gagal jantung yang harus segera mendapatkan perhatian medis.

7. Ketidaknyamanan saat buang air besar

Rasa tidak nyaman atau sakit saat buang air besar bisa jadi dari wasir/tumpukan, IBS (Irritable Bowel Syndrome),
kejang otot yang disebabkan oleh kecemasan, atau fisura anus yang disebabkan oleh tinja yang keras.

Jika rasa sakit disertai dengan perubahan kebiasaan buang air besar, dan melihat darah di tinja, itu mungkin merupakan tanda tumor.

8.Sakit kepala atau migrain

Jika Anda memiliki riwayat keluarga migrain, kemungkinan itu masalah genetik. Makanan tertentu seperti alkohol, kopi dan coklat, yang mengandung tiramin yang melebarkan pembuluh darah juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika sakit kepala Anda disertai mual saat bangun tidur, dan semakin membaik seiring berjalannya hari, bisa jadi itu adalah tanda tumor otak. CT scan harus dilakukan untuk menentukan apakah sakit kepala memang disebabkan oleh tumor.

9. Kelelahan kronis

Jika Anda baru saja menderita infeksi virus, kelelahan bisa jadi karena hal tersebut. Dan kelelahan semacam itu bisa memakan waktu hingga enam bulan

Kelelahan bisa jadi karena anemia, namun juga bisa menjadi tanda hipotiroidisme, atau masalah ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

10. Keputihan yang tidak biasa

Jika keputihan Anda berbau, bernoda darah atau berwarna, atau disertai gatal, Anda mungkin menderita infeksi menular seksual, candida, atau vaginosis bakteri. Ini juga bisa menjadi infeksi dari tampon atau pembalut yang tertahan.

Pada wanita pascamenopause, keputihan yang tidak biasa bisa menjadi gejala kanker endometrium.

11. Mati rasa sementara

Mati rasa sementara penyebabnya adalah sirkulasi darah yang buruk atau cedera pada saraf. Hal itu akan membuat satu sisi tubuh mati rasa berlangsung kurang dari satu jam. Saat itu terjadi, seseorang hanya berdiri diam atau tetap dalam posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama.

Ini mungkin serangan iskemik sementara atau stroke ringan yang memperingatkan stroke sungguh yang akan datang. Temui dokter segera untuk m CT scan guna mengetahui apakah stroke ringan memang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro