Makanan manis/boldsky.com
Health

Kebiasaan Makan yang Bisa Menurunkan Kekebalan Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 29 Agustus 2021 - 08:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan varian COVID-19 baru, serta musim hujan yang akan tiba, membangun kekebalan tubuh adalah hal penting untuk menjaga diri agar tidak terinfeksi covid-19 dan terserang jenis penyakit menular lainnya.

Sistem kekebalan tubuh kita dapat dipengaruhi oleh hal-hal seperti seberapa banyak stres yang kita miliki, jumlah tidur yang kita dapatkan, dan terutama makanan yang kita makan.

Ahli gizi Mary Albus RD, CDN, dan Matt Mazzino RD, LD menyebutkan ada sejumlah kebiasaan makan buruk yang bisa menurunkan kekebalan tubuh yang harus segera dihindari.

Berikut perinciannya dilansir dari eatthis:

1. Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa berdampak negatif pada kekebalan tubuh kita.

Alkohol dapat menekan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi, karena dengan konsumsi alkohol, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali dan merespons infeksi yang berkembang.

Alkohol juga dapatmengubah penyerapan nutrisi yang diperlukan seperti vitamin C dan seng, yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh kita.

Hal-hal ini tidak hanya dapat memengaruhi seberapa mudah kita menjadi rentan terhadap sesuatu, tetapi juga dapat mengubah cara tubuh kita menangani gejala penyakit.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi gula

Terlalu banyak gula dalam makanan kita dapat melemahkan kekebalan kita dari waktu ke waktu.

Penelitian telah menghubungkan asupan makanan tinggi gula tambahan secara teratur dengan gangguan fungsi kekebalan tubuh. Karena sel darah putih, yang merupakan sel yang terlibat dalam memerangi infeksi, terkena dampak negatif dari konsumsi gula yang berlebihan, yang dapat mencegahnya, dari melawan infeksi secara efisien.

3. Mengkonsumsi terlalu banyak garam

Pedoman Diet untuk orang Amerika menyatakan bahwa meskipun orang dewasa harus menargetkan sekitar 2.300 miligram atau kurang natrium per hari, namun orang dewasa Amerika sebenarnya rata-rata sekitar 3.400 miligram per hari. Konsumsi natrium yang berlebihan ini dapat memiliki dampak kesehatan yang bertahan lama.

Mengikuti diet tinggi natrium yang kaya akan makanan olahan dapat memicu peradangan dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Garam juga dipercaya dapat menghambat beberapa respon alami tubuh kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Garam dapat menekan respons anti-inflamasi dan bahkan mengubah mikrobiota usus kita, yang memiliki peran utama dalam fungsi kekebalan tubuh kita."\

Konsumsi natrium yang tinggi telah dikaitkan dengan penyakit autoimun yang memburuk seperti penyakit Crohn, kolitis ulserativa, penyakit Celiac, dan lupus.

4. Tidak mendapatkan cukup buah dan sayuran

Kita membutuhkan buah dan sayuran dalam jumlah yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jumlah tinggi, dan senyawa ini sangat penting untuk mendukung reaksi sistem kekebalan Anda dan melawan infeksi.

Buah-buahan dan sayuran juga memiliki banyak serat larut, yang sebenarnya bermanfaat untuk kekebalan tubuh kita.

Serat larut adalah makanan bagi bakteri yang hidup di dalam usus kita, dan mikrobioma yang sehat berkomunikasi dengan dan mendukung sistem kekebalan kita sehingga dapat melawan infeksi secara efisien.

5. Kekurangan vitamin D

Vitamin D adalah salah satu nutrisi terpenting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena sifat anti-inflamasinya yang diketahui dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan.

Jika Anda bekerja dari rumah sepanjang hari dan tidak berada di bawah sinar matahari sebanyak yang Anda inginkan, atau jika Anda berada di tengah musim hujan sekarang, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan vitamin D dari suplemen. untuk meningkatkan kekebalan Anda. Tetapi pastikan untuk berbicara dengan dokter atau ahli diet Anda sebelum membuat keputusan tentang suplementasi dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro