Diare/boldsky.com
Health

Tanda Imun Tubuh Anda Melemah dan Cara Meningkatkannya

Ni Luh Anggela
Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Sistem imun yang kuat dan sehat mampu membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Mereka akan menyerang berbagai benda asing yang masuk untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.  
 
Imun tubuh yang kuat sangat dibutuhkan di masa pandemi Covid-19, agar dapat menangkal infeksi virus corona. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apakah sistem tubuh Anda baik-baik saja atau mulai melemah. Biasanya, tubuh Anda memberi isyarat ketika ada sesuatu yang salah.
 
Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda di bawah ini, kekebalan Anda mungkin kurang dari ideal. Tapi jangan khawatir, melansir Live Strong, Selasa (24/8/2021), beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu meningkatkan sistem Anda sehingga Anda memiliki peluang lebih baik untuk tetap sehat.
 
1. Luka butuh waktu lebih lama untuk sembuh

Ketika kita mendapatkan luka, goresan atau luka lainnya, sistem kekebalan tubuh kita bekerja, jelas Brian Chow, MD, seorang dokter penyakit menular di Tufts Medical Center. Setelah keropeng terbentuk, sel darah putih membantu melawan infeksi sementara sel darah merah membantu membangun jaringan baru. Tetapi jika sistem kekebalan Anda melemah, semua ini bisa memakan waktu lebih lama, memperpanjang proses penyembuhan.
 
Perkuat sistem kekebalan Anda: Jika Anda memiliki kondisi kesehatan mendasar yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, seperti diabetes, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengelola kondisi Anda, kata Dr. Chow.
 
2. Stres

Stres dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Jika stres dan peradangan itu menjadi kronis, itu merusak sistem kekebalan kita, menekan sel-sel yang melindungi tubuh kita dari penyerang, menurut Klinik Cleveland. Karena itu, orang yang stres lebih rentan terhadap infeksi.
 
Perkuat sistem kekebalan Anda: Meditasi, yoga, kelas tinju, jalan-jalan di alam, menelepon teman misalnya, dapat mengurangi stres.  Sebisa mungkin, temukan cara sehat untuk mengelola dan menghilangkan stres. Pikiran dan tubuh Anda akan berterima kasih.
 
3. Sering mengalami infeksi telinga atau sinus

Jika Anda mengalami lebih dari empat infeksi telinga atau tiga infeksi sinus dalam setahun, Anda mungkin memiliki gangguan imunodefisiensi, menurut American Academy of Allergy Asthma and Immunology. Hal yang sama berlaku jika Anda terkena pneumonia dua kali atau membutuhkan lebih dari dua antibiotik dalam setahun.
 
Perkuat sistem kekebalan Anda: Jika hal ini terjadi pada Anda, Dr. Chow merekomendasikan untuk menemui dokter spesialis alergi dan imunologi. Dia dapat mendiskusikan kemungkinan perawatan.
 
4. Selalu pilek

Meskipun pilek mungkin tampak kurang serius daripada infeksi yang disebutkan di atas, mereka tetap tidak nyaman. Dan ketika Anda merasa seperti Anda selalu mendapatkan sesuatu, itu bisa menjadi tanda bahaya bahwa sistem kekebalan Anda tidak bekerja pada semua silinder. Tetapi sebelum Anda mulai khawatir, pertimbangkan gaya hidup Anda.
 
Studi menunjukkan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan respons kekebalan dan meningkatkan risiko infeksi. Jadi Dr. Boling menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Dia menyarankan 2.000 IU setiap hari untuk pasiennya di Baltimore, tetapi bicarakan dengan dokter Anda tentang jumlah yang mungkin terbaik untuk Anda karena terlalu banyak dapat berbahaya (dokter Anda dapat memeriksa kadar Anda melalui tes darah).
 
5. Merasa sangat lelah

Kelelahan memiliki banyak penyebab, jadi jangan berasumsi bahwa lelah tidak peduli seberapa baik Anda berpikir Anda tidur berarti sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Dr. Chow merekomendasikan agar dokter Anda melakukan tes terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak menderita anemia, sleep apnea, gangguan endokrin, atau kondisi lain yang mendasarinya. Jika itu semua menjadi jelas, mungkin kekebalan Anda membutuhkan bantuan.
 
Lebih buruk lagi, ini bisa menjadi siklus, menurut makalah Juli 2019 di Physiological Review. Ketika sistem kekebalan Anda berjuang untuk membuat Anda sehat, itu bisa membuat Anda lelah, karena itu membutuhkan energi. Tapi Anda juga mungkin tidak bisa tidur nyenyak. Dan kurang tidur dapat semakin melemahkan sistem kekebalan Anda.
 
Perkuat sistem kekebalan Anda: Jadikan tidur sebagai prioritas. Tetap pada jadwal tidur-bangun yang teratur dan buat kamar tidur Anda gelap dan sejuk.
 
6. Sering Diare 

Diare kronis atau sembelit bisa menjadi tanda sistem imun yang lemah, kata Dr. Boling. Atau bisa jadi itu pertanda stres. "Dan kami tahu stres dapat membuat Anda lebih rentan terhadap lebih banyak infeksi, biasanya virus yang lebih umum," kata Dr. Chow.
 
Perkuat sistem kekebalan Anda: Makan makanan tinggi gula tambahan, biji-bijian olahan dan lemak trans dan jenuh dapat menyebabkan disfungsi kekebalan dan mengganggu mikrobioma usus. Karena usus kita berperan dalam kekebalan kita, mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro