Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda Kekurangan Vitamin Bisa Dilihat dari Kuku Anda

Anda dapat dengan mudah memperkuat kuku Anda dan mencegah bintik-bintik putih dengan mengobati kekurangan vitamin dengan suplemen dan menggunakan minyak biji anggur atau krim tangan yang mengandung vitamin E.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 31 Agustus 2021  |  15:38 WIB
Ilustrasi kuku rapuh
Ilustrasi kuku rapuh

Bisnis.com, JAKARTA – Merasa ada yang aneh dengan kuku Anda? Atau kuku Anda sedang bermasalah? Bisa jadi kuku Anda menunjukkan bahwa Anda kekurangan vitamin.

Bintik-bintik putih, rapuh hingga terdapat alur atau garis hanyalah beberapa masalah yang bisa jadi datang pada kuku Anda. Namun jangan khawatir, karena ini bisa dengan mudah diselesaikan dengan suplemen.
 
Berikut lima tanda di kuku yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan vitamin, melansir Express, Selasa (31/8/2021).
 
1. Bintik putih

Jika Anda pernah mendengar bahwa bintik-bintik putih pada kuku Anda berarti Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda, ini tidaklah benar. Bintik putih ini sebenarnya disebabkan oleh kekurangan seng atau zat besi, tetapi juga bisa jadi akibat benturan.
 
Anda dapat dengan mudah memperkuat kuku Anda dan mencegah bintik-bintik putih dengan mengobati kekurangan vitamin dengan suplemen dan menggunakan minyak biji anggur atau krim tangan yang mengandung vitamin E.
 
2. Terbelah

Coba perhatikan kuku Anda, apakah mereka terbelah dan pecah-pecah? Jika ya, Anda mungkin sedang  kekurangan vitamin.  Salah satu penyebab paling umum dari kuku yang terbelah adalah kekurangan zat besi. Namun, Anda mungkin juga kekurangan vitamin B atau kekurangan protein dalam makanan.
 
3. Rapuh

Kuku perlu dijaga kelembapannya, karena jika kelembapannya berkurang, kuku Anda akan rapuh. Terlalu banyak mencuci tangan dengan sabun, atau terlalu banyak terpapar deterjen dan produk kuku yang keras dapat mengurangi kelembapan kuku Anda. Jika kuku Anda rapuh, mereka mungkin terfragmentasi di tepinya, rapuh, dan memiliki semburat kekuningan. Itu juga bisa disebabkan oleh anemia defisiensi besi dan ini bisa berdampak pada kuku kaki juga.
 
4. Berlubang

Kuku berlubang adalah sebutan untuk lesung pipit dan penyok pada kuku. Ini biasanya disebabkan oleh reaksi alergi atau masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Namun, bisa juga disebabkan oleh kekurangan vitamin D dalam tubuh.
 
5.  Alur atau bergaris

Alur atau bergaris adalah masalah umum pada kuku dan mereka dapat berjalan ke arah yang berbeda. Alur memanjang, yang membentang dari dasar kuku ke tepi, bisa menandakan bahwa Anda kekurangan vitamin B12. Anda dapat mengatasinya dengan suplemen dan suntikan serta menggunakan krim tangan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin gigit kuku
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top