Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting Tahu, Perbedaan Kebotakan pada Pria dan Wanita

Lalu, pada kasus wanita, kebotakan juga punya tampilan khas dan pola distribusi tertentu. Berbeda dengan pria, garis rambut di area depan kepala wanita tidak mengalami kemunduran.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 31 Agustus 2021  |  18:26 WIB
Kebotakan rambut pada perempuan
Kebotakan rambut pada perempuan

Bisnis.com, JAKARTA — Dokter spesialis kulit dan kelamin dari ZAP Premiere, dr. Eyleny Meisyah Fitri, Sp.KK mengatakan jika kasus kebotakan pada pria dan wanita berbeda.

Kebotakan rambut yang disebabkan kerentanan atau sensitivitas folikel rambut terhadap hormon androgen disebut alopesia anrogenetik (AGA). Kebotakan tersebut terjadi pada orang yang memiliki kecenderungan genetik faktor keturunan.

"Dapat terjadi pada pria maupun wanita namun dengan kondisi yang berbeda. Frekuensi dan keparahan AGA meningkat seiring bertambahnya usia," ujarnya secara virtual pada acara ZAP Premiere Virtual Media Meet Up, Selasa (31/8/2021).

Eyleny memaparkan jika pria yang alami kebotakan akan membetuk pola khas di kepala. Biasanya pria akan alami kemunduran garis rambut.

Pada daerah dahi, garis rambut semakin melebar membentuk gambaran karakteristik garis "M". Pola itu diciptakan dari rambut yang rontok dan menyisakan rambut dengan pola huruf tersebut di kepala.

Kemudian terjadi penipisan rambut pada area mahkota yang menyisakan rambut pada bagian tepi kulit kepala.

Lalu, pada kasus wanita, kebotakan juga punya tampilan khas dan pola distribusi tertentu. Berbeda dengan pria, garis rambut di area depan kepala wanita tidak mengalami kemunduran.

Umumnya terjadi penipisan di daerah sentral pada puncak kepala wanita.

"Kondisi ini memiliki banyak penyebab. Untuk penyembuhan dan terapinya akan disesuaikan dengan masing-masing jenis penyebabnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut botak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top