Ilustrasi sel darah merah/Istimewa
Health

Ini Faktor yang Menyebabkan Pengentalan Darah

Dinda Aulia Ramadhanty
Senin, 6 September 2021 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang yang memiliki darah kental atau istilah medisnya yaitu hiperkoagulabilitas, berpotensi mengalami gangguan kesehatan akibat pengentalan darah. 

Ketika darah lebih kental dari biasanya dapat mengakibatkan ke permasalah pembekuan darah. Secara spesifik, hal tersebut disebabkan karena ketidakseimbangan protein dan sel yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. 

Kemudian, darah kental dapat menghambat pergerakan oksigen, hormon, dan nutrisi ke seluruh tubuh, yang mencegahnya untuk mencapai jaringan dan sel. 

Melansir dari Medical News Today, Senin (6/9/2021) selengkapnya penjelasan lebih mendalam tentang darah kental, apa yang menjadi penyebabnya, dan bagaimana darah kental memengaruhi tubuh. Simak faktor yang menyebabkan pengentalan darah:

1. Waldenström macroglobhlinemia

Ini merupakan jenis limfoma (pembesaran kelenjar getah bening) non-Hodgkin yang langka. Garis besarnya adalah tubuh memproduksi sejumlah protein antibodi yang disebut imunoglobulin M., yang menyebabkan darah menjadi kental dan menimbulkan berbagai gejala lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro