Vaksin covid-19 buatan Moderna
Health

Kasus Covid-19 Turun, Kemenkes: Vaksin Bukan Satu-satunya Game Changer

Rika Anggraeni
Selasa, 7 September 2021 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono mengatakan eskalasi atau kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Meskipun demikian, Dante mengingatkan agar tetap mematuhi protokol masyarakat.

“Saat ini di negara-negara tetangga kita, eskalasi itu masih terjadi. Di Malaysia masih terjadi terus eskalasi, di Filipina masih terus terjadi, di Vietnam masih terus terjadi sedangkan kita sudah mulai menurun,” kata Dante dalam konferensi pers virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, seperti dikutip Bisnis.com, Selasa (7/9/2021). 

Dante mengatakan langkah selanjutnya dalam menindaklanjuti angka penurunan adalah masyarakat Indonesia tidak terlena dan harus melakukan penguatan terhadap ketahanan medis.

Menurut Dante, ketahanan medis merupakan hal yang penting karena beberapa kasus bisa terjadi peningkatan seperti di beberapa tempat.

Dante melihat vaksinasi di beberapa negara yang sudah membaik dengan persentase di atas 50 persen, namun tetap terjadi kenaikan kasus Covid-19.

“Di Amerika Serikat, di Inggris dan Israel. Di mana di Amerika Serikat angka vaksinasinya sudah sedemikian baik hingga 52 persen, di Inggris 63 persen, di Israel 63 persen terjadi lagi kenaikan kasus tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut Dante menambahkan bahwa kenaikan kasus tersebut disebabkan karena masyarakat mengabaikan protokol kesehatan lantaran sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Jadi vaksinasi bukan satu satunya game changer, tetapi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dilakukan, tetapi penting adalah protokol masyarakat,” ungkapnya.

Dante kembali mengingatkan bahwa setiap terjadi kenaikan mobilitas masyarakat selalu disertai dengan peningkatan kasus Covid-19. Terlebih lagi Indonesia akan menghadapi libur peringatan Maulid Nabi Muhammad pada 18 Oktober 2021 mendatang.

“Kita mesti berhati-hati karena setiap kali peningkatan mobilitas selalu disertai dengan peningkatan kasus tersebut,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro