Ilustrasi-Yogurt/Thetimes.co.uk
Health

4 Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh untuk Usia 50 Tahunan

Ni Luh Anggela
Jumat, 10 September 2021 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda di tengah masa pandemi lebih penting sekarang dibandingkan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.  Ini terutama berlaku bagi mereka yang berusia 50-an, 60-an dan 70-an karena seiring bertambahnya usia fungsi kekebalan Anda menjadi lebih lemah.
 
Meskipun kekebalan Anda mungkin menghadapi lebih banyak tantangan setiap tahun, salah satu cara terbaik  untuk membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan Anda adalah dengan makanan yang Anda makan.
 
Beberapa ahli diet merekomendasikan makanan yang dapat menambah kekebalan tubuh, dan inilah rekomendasi makanan terbaik untuk meningkatkan kekebalan Anda setelah 50 tahun, melansir Eat This, Jumat (10/9/2021).
 
1. Yogurt

Menurut Sheri Kasper RDN, LDN, menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan ini karena sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh Anda ada di usus Anda.
 
Yogurt merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan usus karena mereka mengandung probiotik alami yang dapat membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh Anda.
 
Ditambah lagi, menurut Courtney D'Angelo MD, RD, yogurt juga mengandung vitamin D, yang merupakan vitamin yang diperlukan dalam meningkatkan kekebalan tubuh kita.
 
2.  Bayam

Bayam mengandung banyak nutrisi, itulah sebabnya D'Angelo menyebutnya sebagai makanan super.
 
“Bayam mengandung folat, yang membantu tubuh Anda membangun sel-sel baru dan menggantikan DNA, dan juga memiliki banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu sistem pencernaan dan kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata D'Angelo.
 
3. Paprika merah

Kandungan vitamin A dan C pada paprika merah sangat bagus untuk kekebalan tubuh.
 
“Paprika merah mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk, dan vitamin C mendorong produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh melawan patogen,” kata Kasper.
 
Vitamin A, yang bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan Anda, juga dapat ditemukan dalam paprika merah. Vitamin A penting dalam menjaga penghalang lendir alami yang terletak di mata, usus, dan bagian tubuh lainnya.
 
“Penghalang ini dirancang untuk menjebak bakteri dan sangat penting untuk kekebalan yang optimal.” katanya.
 
Kasper juga menambahkan bahwa ada baiknya memilih paprika merah secara khusus karena mengandung kadar vitamin C dan A yang lebih tinggi daripada paprika hijau.
 
4. Ikan berlemak

Kasper merekomendasikan ikan berlemak, khususnya salmon yang dibudidayakan, untuk meningkatkan kekebalan di atas usia 50 karena kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3-nya.
 
Sementara vitamin D sering dikaitkan dengan kesehatan tulang, penelitian baru dari Universitas Boston menunjukkan bahwa vitamin D juga penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang tepat.
 
Kasper juga menyebutkan bahwa meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D dalam jenis makanan lain, Anda bisa mendapatkan sepertiga dari kebutuhan vitamin D harian Anda dalam satu porsi salmon yang dibudidayakan.
 
Selain vitamin D, omega-3 juga merupakan komponen penting dalam memperkuat kekebalan.
 
“Asam lemak omega-3, banyak ditemukan dalam salmon yang dibudidayakan sangat anti-inflamasi dan mendukung sistem kekebalan dengan mengurangi peradangan kronis,” kata Kasper.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro