Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Studi Ungkap Cara Menghilangkan Noda Gigi Kuning Akibat Minum Kopi

Tim peneliti membiarkan 30 gigi duduk di dalam larutan kopi 98,6 derajat selama lima hari. Mereka menggunakan perangkat panjang gelombang elektronik untuk mengukur warna gigi, serta alat untuk mengukur permukaan gigi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 September 2021  |  09:27 WIB
Studi Ungkap Cara Menghilangkan Noda Gigi Kuning Akibat Minum Kopi
Gigi kuning - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda salah satu dari 80% orang yang hobi minum kopi setiap hari, kemungkinan besar Anda memiliki gigi yang kekuningan.

Kopi memang meninggalkan noda membekas pada gigi seperti kekuningan akibat plak.

Banyak penyuka kopi mencari cara untuk menghilangkan efek tersebut.

Untuk mengatasi masalah yang paling banyak dialami mereka, para ilmuwan melakukan penelitian dengan merendam satu set gigi di dalam kopi selama hampir seminggu berturut-turut.

Tim peneliti gigi di Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Beheshti Iran itu menerbitkan penelitiannya Jurnal Penelitian Gigi yang ditinjau sejawat.

Tim peneliti membiarkan 30 gigi duduk di dalam larutan kopi 98,6 derajat selama lima hari. Mereka menggunakan perangkat panjang gelombang elektronik untuk mengukur warna gigi, serta alat untuk mengukur permukaan gigi.

Kemudian, mereka membagi gigi menjadi tiga kelompok 10. Ilmu pengetahuan menunjukkan sifat abrasif arang membantu menghilangkan bahan asing dari permukaan, dan komposisi kimianya mengikat untuk menyerap racun dari sumbernya, seperti noda kopi pada gigi yang sehat.

Jadi, satu kelompok gigi dibersihkan dengan pasta gigi berbasis arang buatan Iran, kelompok lain dengan buatan Irlandia berbasis arang, dan kelompok ketiga dengan formula pemutih.

Para ilmuwan mengukur setiap pasta gigi hingga 20 gram (kurang dari satu ons) dan menggabungkannya dengan dua sendok makan air. Mereka menggunakan "mesin menyikat" untuk membersihkan gigi dengan 100 gerakan per menit dengan total 2.000 pukulan. Mengapa angka-angka yang tepat ini? Mereka menjelaskan ini sama dengan menyikat gigi tiga kali sehari selama satu setengah bulan.

Setelah semua perhatian terhadap detail ini, para ilmuwan mengukur kembali warna dan profil permukaan gigi. Mereka menyatakan bahwa "perbedaan antara pasta gigi tidak signifikan", tetapi "ketiga pasta gigi dengan kandungan arang memiliki efek abrasif dan memutihkan pada sampel secara signifikan."

Berdasarkan hasil tersebut, sepertinya jika Anda seorang peminum kopi yang mencari cara memutihkan gigi yang lebih alami, produk pasta gigi arang mungkin patut dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi kopi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top