Ilustrasi/Codyapp
Relationship

Cara Sederhana Agar Umur Panjang dan Awet Muda

Ni Luh Anggela
Senin, 13 September 2021 - 18:37
Bagikan

Jalan Kaki hingga Nikmati Hidup

13.   Berjalan kaki

Pertahankan kecepatan yang baik. Jalan cepat akan menjaga jantung Anda tetap sehat dan menambah beberapa tahun dalam hidup Anda, menurut sebuah studi Mayo Clinic baru-baru ini. Para peneliti melaporkan bahwa wanita yang berjalan lebih cepat memiliki rentang hidup sekitar 87 tahun dibandingkan dengan 72 tahun untuk wanita yang berjalan lambat. Sementara itu, pria yang berjalan cepat memiliki rentang hidup sekitar 86 tahun dibandingkan dengan pria yang berjalan lebih lambat 65 tahun.
 
14. Terus bergerak

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa orang tua yang berolahraga hanya 15 menit sehari, pada tingkat intensitas jalan cepat, memiliki risiko kematian dini 22 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga.
 
“Untuk sebagian besar orang dewasa yang sehat, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merekomendasikan pedoman latihan ini: Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik yang kuat seminggu, atau kombinasi aktivitas sedang dan kuat,” lapor Mayo Klinik.
 
15.  Ketahui tujuan hidup Anda

Para peneliti di Universitas Carleton di Kanada mengatakan bahwa memiliki rasa memiliki tujuan dapat menambah lebih banyak tahun dalam hidup Anda, karena hubungan  emosi positif dan kesejahteraan secara keseluruhan.
 
Daripada bertanya pada diri sendiri, “Mengapa saya di sini? Apa tempat saya di Semesta” tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang dapat saya lakukan hari ini yang akan membuat saya merasa telah memperkaya hidup saya, atau hidup orang lain?”
 
16.  Merawat gigi dan gusi

Merawat gigi dan gusi bukan hanya tentang mencegah gigi berlubang atau bau mulut. Mulut adalah pintu gerbang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak flossing memungkinkan plak menumpuk, yang kemudian berubah menjadi karang gigi yang pada akhirnya dapat mengiritasi gusi dan dapat menyebabkan berbagai infeksi dan penyakit dari waktu ke waktu.
 
Para peneliti mengikuti lebih dari 5.400 orang selama 18 tahun dan menemukan bahwa mereka yang tidak menyikat gigi setiap hari memiliki risiko demensia 22 hingga 65 persen lebih besar daripada mereka yang menyikat gigi tiga kali sehari.
 
American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari. Gunakan pasta gigi berfluoride, dan sikat selama dua menit.
 
17.   Menjadi relawan

Membantu orang lain dapat membuat Anda merasa baik, dan membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan sepanjang waktu, yang berdampak pada kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di BMC Public Health.
 
18.   Berhubungan dengan sisi spiritual Anda

Orang yang menghadiri layanan keagamaan, atau memiliki hubungan spiritual, biasanya mengalami tingkat kecemasan, depresi, tekanan darah yang lebih rendah, dan umumnya dalam kesehatan yang lebih baik.
 
Sebuah studi selama 18 tahun yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa kehadiran layanan reguler dikaitkan dengan pengurangan respons stres tubuh, dan para jamaah memiliki kemungkinan 55 persen lebih kecil untuk meninggal.
 
Mulailah dengan mendefinisikan apa arti spiritualitas bagi Anda, dan kemudian lihat apakah ada komunitas yang mendukung kepentingan bersama itu.
 
19.   Rajin mencuci tangan

Sebuah penelitian menemukan bahwa 95 persen orang gagal mencuci tangan mereka cukup lama untuk membunuh bakteri berbahaya, yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit lainnya.
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air selama 15 hingga 20 detik.
 
20.   Nikmati hidup Anda

Pada akhirnya, Anda hanya perlu menikmati hidup ini. Kesehatan mental memiliki dampak luar biasa pada kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.
 
Satu studi bahkan menemukan bahwa orang tua, usia 52 hingga 76 tahun, yang menikmati hidup memiliki risiko kematian 35 persen lebih rendah selama periode lima tahun daripada mereka yang tidak bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro